8 Cara Cepat Menghafal Al-Quran Bagi Pemula, Dijamin Mudah dan Efektif

8 Cara Cepat Menghafal Al-Quran Bagi Pemula, Dijamin Mudah dan Efektif

Ini 8 Cara Cepat Menghafal Al-Quran Bagi Pemula, Dijamin Mudah dan Efektif--

RADARUTARA.ID - Menghafal Al-Quran merupakan salah satu amalan yang paling baik dan ingin digapai semua umat Islam, karena dengan Menghafal Al-Quran mempunyai banyak manfaat salah satunya yaitu kelak di dalam surga akan ditinggikan derajatnya.

Bahkan penghafal Al-Quran bisa memberikan mahkota di surga untuk kedua orang tuanya dan terbebas dari siksa api neraka.

Tetapi seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa menghafal bukanlah pekerjaan yang gampang, bahkan terkadang untuk menghafal satu surat juga butuh waktu yang lama, terkadang seringkali surat yang telah dihafal juga tidak bertahan lama untuk hafalan di luar kepala. Kalau sudah seperti itu, keinginan untuk menghafal Al-Quran terkadang cuma menjadi keinginan belaka.

BACA JUGA:Mengenal Tempoyak, Olahan Fermentasi Buah Durian Khas Bengkulu

Maka dari itu kalau sungguh-sungguh ingin menghafal Al-Quran alangkah baiknya kita mulai belajar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, mencari cara terbaik untuk mewujudkan keinginan tersebut dan yang paling utama yaitu meluruskan niat supaya apa yang ingin kita lakukan bisa bertahan lama atau bisa kita lakukan secara konsisten.

Berikut ini merupakan 8 cara cepat menghafal Al-Quran bagi pemula yang mudah dan efektif untuk ditiru.

1. Mengakrabkan Diri dengan Al-Quran

Jangan memikirkan metode menghafal Al Qur'an yang sulit terlebih dahulu, namun pikirkan bagaimana caranya untuk memulai membaca 5 juz per harinya atau wajib menghafal 1 ayat per hari.

2. Memperbaiki Bacaan

Sebelum memulai cara menghafal Al Qur'an, penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita punya. Berikan waktu untuk memperbaiki bacaan Al Qur'an supaya hafalan menjadi lebih sempurna dan pahala yang diperoleh semakin berlipat ganda.

BACA JUGA:Segera Panjatkan Doa Ini, Mampu Mengangkat Derajat Manusia Setinggi-tingginya!

3. Sering Melakukan Murojaah (Mengulang Bacaan)

Sangat dianjurkan untuk mengulang murojaah sesering mungkin supaya ayat yang telah kita hafalakan bisa melekat dalam ingatan kita untuk waktu yang lama.

4. Pasang Target Menghapal Al-Quran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: