Tahun 2024 Jadi Pribadi yang Baru, Begini Doa untuk Memperbarui Diri yang Diajarkan Rasulullah SAW

Tahun 2024 Jadi Pribadi yang Baru, Begini Doa untuk Memperbarui Diri yang Diajarkan Rasulullah SAW

Tahun 2024 Jadi Pribadi yang Baru, Begini Doa untuk Memperbarui Diri yang Diajarkan Rasulullah SAW--

RADARUTARA.ID - Momen pergantian tahun 2024 menjadi kesempatan untuk memperbarui diri dengan cara melakukan evaluasi atas semua kekurangan di tahun lalu.

Dalam hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh umat muslim yaitu dengan berdoa seperti yang diajarkan Nabi SAW.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk ikut melibatkan Allah SWT dalam semua hal, terutama dengan berdoa supaya diri seorang muslim dikaruniai akhlak yang baik dan dihindari dari perbuatan maksiat hingga keburukan.

BACA JUGA:Apakah Aman Bersihkan Kotoran Telinga Dengan Terapi Ear Candle? Ini Jawabannya

Didalam sebuah hadits, tekad untuk memperbaiki diri sendiri adalab perkara yang utama untuk dilakukan, seperti doa memperbaiki diri sebagai amalan yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW sebelum memulai sholatnya, seperti berikut ini:

Allāhummahdinī li ahsanil akhlāq. Lā yahdī li ahsanihā illā anta. Washrif ‘annī sayyi’ahā. Lā yashrifu ‘anni sayyi’ahā illā anta.

Artinya: “Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”

BACA JUGA:Tak Disangka Walau Sudah Zaman Modern, Ternyata Banyak Pria Lebih Memilih Janda Daripada Gadis

Selain membaca doa, sesungguhnya merubah diri menjadi pribadi baru dan lebih baik wajib dibarengi dengan niat dan tekad yang kuat untuk berubah serta meninggalkan segala kemaksiatan. Seperti yang dijelaskan dalam surat Ar-Ra'd ayat 11, berikut ini:

Iinnallâha lâ yughayyiru mâ biqaumin ḫattâ yughayyirû mâ bi'anfusihim,

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka” (QS. Ar-Ra'd: 11).

Dari penjelasan diatas, selain dilakukan dalam momen pergantian tahun, memperbarui diri dalam Islam juga termasuk anjuran yang harus dilakukan dengan tekad yang kuat dan dibarengi dengan doa dan amalan-amalan baik untuk memperoleh rahmat dari Allah SWT.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: