4 Khasiat Membaca Surat Ad Dukhan di Malam Jumat, Akan Dibangunkan Rumah di Surga

4 Khasiat Membaca Surat Ad Dukhan di Malam Jumat, Akan Dibangunkan Rumah di Surga

4 Khasiat Membaca Surat Ad Dukhan di Malam Jumat, Akan Dibangunkan Rumah di Surga--

RADARUTARA.ID - Bukan hanya Surat Al Kahfi dan Yaasin, terdapat surat lain yang penting untuk dibaca setiap Muslim pada malam Jumat, yaitu Surat Ad Dukhan yang berarti kabut. Surat ini masuk ke dalam golongan surah Makkiyyah 56 atau 57 atau 59 ayat Kecuali ayat 15 Madaniyyah.

Hujjatul Islam, Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah menyarankan untuk membaca beberapa surat dalam Al-Quran pada malam Jumat.

“Disunnahkan ketika hari jumat atau pada malamnya, untuk mengerjakan shalat empat rakaat dengan membacakan surat-surat berikut ini, yaitu ada Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yaasin. Kalau tidak mampu maka bisa dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al-Mulk saja”. 

BACA JUGA:5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Memberikan Dampak Besar Jika Dilakukan Secara Konsisten, Nomor 3 Sering Dilupaka

Menurut Tafsir Ibnu Katsir dikatakan ada beberapa manfaat membaca Surat Ad Dukhan pada malam Jumat di antaranya:

1. Dimohonkan Ampun 70.000 Malaikat

Dari Abu Hurairah SA menyebutkan, bahwa Rasulullah SAW pun bersabda: “Bagi siapa yang membaca surat Ha Mim Ad-Dukhan dalam suatu malam, niscaya pada pagi harinya ada tujuh puluh ribu malaikat yang memohonkan ampun untuknya”.

2. Dibangunkan rumah di surga

Dari Abi Umamah, ia mengatakan, “Aku mendengar Nabi SAW bersabda, “barang siapa yang membaca Hamim Ad-Dukhan pada malam Jum’at, atau di hari Jumat, niscaya Allah SWT akan membangunkannya rumah di surga.” (HR. At-Thabrani).

BACA JUGA:5 Pilihan Vitamin yang Bisa Bikin Asam Lambung (GERD) Jadi Tak Berkutik

3. Diampuni Dosanya

Di hadis lain, Abu Hurairah menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “bagi siapa yang membaca surat Ha Mim Ad-Dukhan pada malam Jumat, niscaya akan diampuni dosanya”.

4. Dinikahkan dengan bidadari surga

Dari Abi Rafi’, ia mengatakan, “barang siapa yang membaca Surah Ad-Dukhan di malam Jumat, niscaya pada waktu shubuh ia sudah diampuni dosanya, kemudian dinikahkan dengan salah satu bidadari-bidadari dengan bermata indah.” (HR. Ad-Darimi).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: