Selain Bantu Alat Tangkap Ikan, Dinas Perikanan Bengkulu Utara Cover 996 Nelayan Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Selain Bantu Alat Tangkap Ikan, Dinas Perikanan Bengkulu Utara Cover 996 Nelayan Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Penyerahan bantuan BPJS Ketenagakerjaan ke nelayan secara simbolis--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Perhatian Pemkab Bengkulu Utara (BU) melalui Dinas Perikanan terhadap nelayan di wilayah pesisir pantai, kian intens dilakukan. 

Teranyar, OPD ini melalui Dana Inflasi Daerah (DID) menyalurkan bantuan alat tangkap ikan berupa jaring kepada kelompok nelayan di Kabupaten Bengkulu Utara. 

Selain bantuan tersebut, Pemerintah Bengkulu Utara juga memberikan rasa aman saat melaut, dengan memberikan bantuan BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Utara, Sugimin M.Pd mengatakan, anggaran pada tahun 2023 di dinasnya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, lantaran adanya tambahan dana APBD Perubahan senilai Rp 500 juta serta dana inflasi dari kementerian keuangan.

BACA JUGA:Breaking News, 3 Warga Lebong Tewas Tercebur Sumur

Semua dana tersebut, diperuntukkan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan kelompok budidaya ikan, kelompok nelayan hingga akses jalan perikanan turut diperhatikan.

Dengan begitu, sesuai arahan Bupati Bengkulu Utara, usulan yang selama ini diperlukan oleh masyarakat terutama dibidang perikanan dan kelautan untuk diperhatikan penuh.

Dengan tujuan, agar perikanan di Bengkulu Utara semakin meningkat dan tentunya mensejahterakan masyarakat.

"Seluruh bantuan ini telah kami salurkan ke setiap kelompok nelayan di Kabupaten Bengkulu Utara," kata Kepala Dinas KP BU, Sugimin, kamis (21/12/2023).

BACA JUGA:Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Dinas PUPR Bengkulu Utara Bangun Jalan Aspal Hotmix di Marga Sakti

Sugimin menyebut, sebanyak 996 nelayan mendapatkan bantuan Jaminan sosial berupa BPJS ketenagakerjaan. Kemudian, Rehab TPI di Serangai dan Enggano, jalan kampung nelayan maju (Kalaju) di Serangai, drainase hingga bak tampung bagi kelompok budidaya ikan.

"Kami berharap bantuan itu dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Dan membuahkan hasil yang baik terhadap pendapatan nelayan," harapnya.

Seperti halnya di Pulau terluar Bengkulu Utara, yaitu pulau Enggano, Sugimin mengaku sudah menyalurkan beberapa bantuan bagi kelompok nelayan, dan bantuan tersebut telah disampaikan kepada masyarakat Enggano.

"Bantuan juga menyasar ke pulau Enggano, sekarang Kabid bersama staf sedang menyalurkan bantuan kepada masyarakat Enggano,"pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: