Kirain Jakarta, Ternyata Ini Kota Modern Pertama di Indonesia

Kirain Jakarta, Ternyata Ini Kota Modern Pertama di Indonesia

Kirain Jakarta, Ternyata Ini Kota Modern Pertama di Indonesia--

RADARUTARA.ID - Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa Jakarta sebagai kota modern pertama di Indonesia.

Tetapi, ternyata bukan di Jakarta yang menjadi kota modern pertama di Indonesia, tetapi di Kuala Kencana yang lokasi tepatnya di Timika, Papua.

Kuala Kencana menjadi sebuah distrik di kota Timika, Papua Tengah ini disebut sebagai kota modern pertama di Indonesia lantaran memiliki beberapa hal berikut ini.

Seorang konten kreator membagikan pengalamannya ketika mengunjungi salah satu kawasan yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia yakni distrik Kuala Kencana.

BACA JUGA:Mau Coba KB Alami Tanpa Efek Samping? Cuma Modal Biji Pepaya Saja, Tapi Manfaatnya Terbukti Ampuh

Dari unggahannya tersebut, pemilik bernama lengkap Leonardo Edwin terlihat sangat takjub dengan fasilitas yang ada di perumahan penduduk Kuala Kencana tersebut.

Karena, fasilitas yang ada di sana sudah setara dengan negara maju yang menerapkan sistem utilitas dengan prinsip berwawasan lingkungan.

Jauh Berbeda dari pemukiman di Indonesia. Saluran listrik di Kuala Kencana terletak di bawah tanah.

BACA JUGA:Berikut ini Jadwal Lengkap dan Aturan Terbaru SNPMB 2024 Lewat Jalur Prestasi, Simak baik-baik!

Begitu juga dengan saluran air kotor yang juga berada di bawah tanah, hal ini dengan tujuan supaya air pembuangan langsung mengalir ke pusat pengolahan limbah air kotor.

"Dan disini tuh tidam ada kabel-kabel berseliweran di atas karena semuanya sudah ditanam, bahkan pipa-pipa, kabel telekomunikasi, internet juga semuanya ada di dalam tanah," kata Leo.

"Dan hal yang menarik menurut aku adalah setiap rumah itu tidak memiliki septic tank masing-masing karena semuanya sudah sentral, drainasenya juga bagus sekali di sini gak akan banjir dan airnya bisa langsung diminum langsung dari keran," lanjutnya.

BACA JUGA:5 Bacaan Doa untuk Ibu Hamil, Agar Janin Lahir dengan Sehat dan Pintar

Itu sebabnya, tak heran kalau kawasan pemukiman di Kuala Kencana mempunyai lingkungan yang cukup rapi dan bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: