Jangan Terlena! 8 Gejala Awal Diabetes ini Harus Diwaspadai

Jangan Terlena! 8 Gejala Awal Diabetes ini Harus Diwaspadai

Jangan Terlena! 8 Gejala Awal Diabetes ini Harus Diwaspadai--

RADARUTARA.ID- Kebanyakan penderita diabetes tidak menyadari gejala penyakit metabolik yang harus diwaspadai. Padahal, secara umum penyakit diabetes dapat didiagnosis positif, ketika kadar gula darah (glukosa) naik di atas angka normal. 

Berdasarkan Center for Disease Control and Prevetion, seseorang dengan penderita diabetes bisa mengembangkan diabetes menjadi tipe ke 2 setelah 5 tahun apa bila, tidak mendapat pengobatan dan mengendalikan kadar gula darah dengan baik. 

Penyakit, ini biasanya muncul tidak secara tiba-tiba, tetapi bertahap. Dan gejalanya pun, ringan selama di tahap awal. Akibatnya, banyak orang yang tidak sadar jika mereka sebenarnya sedang dalam situasi terserang diabetes. 

BACA JUGA:Dynamic Island Ala iPhone, Infinix Resmi Luncurkan Smart 8 Ram 8/128GB Cuma Rp1 Jutaan

Nah, berikut ini adalah tanda atau gejala awal diabetes yang harus diwaspadai:

1. Mudah lapar dan Gampang Lelah

Gejala diabetes awal yang perlu diperhatikan adalah tubuh gampang lapar dan lelah. Kelelahan dan mudah lapar disebabkan karena tubuh tidak membuat insulin dalam jumlah cukup atau sel tubuh menolak insulin.

Dampaknya, glukosa dari makanan tidak dapat masuk ke dalam sel. Bila demikian, tubuh Anda tidak memiliki energi yang cukup dan mudah merasa lapar dari biasanya.

2. Sering Haus dan Buang Air Kecil

Normalnya, orang sehat buang air kecil sekitar 4-7 kali dalam sehari. Namun, bila mengalami diabetes, tubuh dapat buang air kecil lebih banyak.

Pasalnya, kondisi diabetes menyebabkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa dengan baik. Hal ini menyebabkan ginjal mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Akibatnya, tubuh mengeluarkan lebih banyak urine. Ketika banyak urine terbuang, tak dimungkiri Anda jadi cepat haus.

BACA JUGA:Apakah Laron Bisa Dijadikan Peyek dan Aman Dikonsumsi? Ini Kata Ahli Gizi

3. Mulut Kering dan Kulit Gatal

Karena tubuh orang diabetes tidak dapat menyerap glukosa dengan baik, dampaknya ia jadi buang air kecil terus menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: