Manfaatkan Lahan Tidur, Pemdes dan PPL Berhasil Ajak Warga Tanam Ubi untuk Ketahanan Pangan

Manfaatkan Lahan Tidur, Pemdes dan PPL Berhasil Ajak Warga Tanam Ubi untuk Ketahanan Pangan

Gafur/RU.ID- Hasil panen Ubi Kayu di lahan ketahanan pangan Desa Padang Jaya--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Upaya dampak inflasi dengan harga pangan semakin melonjak tajam, masyarakat RT 1 Dusun 1 Desa Padang Jaya, Kecamatan Padang Jaya berhasil memanfaatkan pekarangan yang selama ini kosong.

Sebanyak 28 warga di RT tersebut menanam ubi kayu di pekarangan milik desa di depan SMPN 25 Bengkulu Utara.

Saat dibincangi, Kades Padang Jaya, Karyadi melalui Sekdesnya, Jarwadi mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan warganya dalam menanam ubi kayu di pekarang desa, merupakan salah satu upaya pemanfaatan lahan serta hasil dari tanaman tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat.

Terlebih dari itu, Jarwadi mengaku dapat menjadi uang tambahan kas RT yang diperuntukkan untuk kegiatan sosial antar masyarakat.

"Hasilnya diluar dugaan, baru sebagian kita panen sudah ada pemasukan untuk kas RT,"jelas Sekdes, Sabtu (9/12/2023).


Hasil panen Ubi di Desa Padang Jaya--

Lanjut Sekdes, harga ubi kayu yang ditanam warganya itu, selain bermanfaat untuk dikonsumsi penganti beras, juga memiliki nilai ekonomis bagi pemasukan uang kas RT.

"Kemarin semua warga di RT 1 kita bagikan hasil panen ubi kayu, kemudian sisanya akan dijual ke penampung seperti produksi UMKM usaha keripik. Lumayan juga, perkilo laku Rp3 ribu," sambungnya.

Sekdes juga menjelaskan, usai tanam ubi kayu, Pemdes telah mengalokasikan bantuan berupa waring serta bibit jagung, untuk ditanam oleh masyarakat di Desa Padang Jaya, khususnya RT 1 tersebut.

Sementara PPL Desa Padang Jaya yang turut hadir menyaksikan penen ubi kayu tersebut, Tarno menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh masyarakat RT 1 merupakan aksi yang positif dan bisa ditularkan ke masyarakat lainnya dengan memanfaatkan pekarangan.

"Ubi kayu tidak menggunakan modal, artinya cukup menjanjikan untuk dikembangkan dan hasilnya lumayan,"ucapnya.

BACA JUGA:Aliran Bantaran Sungai di Perkotaan, Turut Jadi Sasaran Karya Bakti TNI Kodim 0423 Bengkulu Utara

Disamping itu, saat ini di Desa transmigrasi seperti di Padang Jaya hampir semua lahan ditanami perkebunan, artinya semua kebutuhan rumah tangga seperti sayuran dan beras mereka harus mengeluarkan uang.

Dengan begitu, untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok terus meningkat, pihaknya mengajak masyarakat agar memanfaatkan pekarangan dengan berbagai tanaman sayuran, juga ubi kayu pengganti beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: