Wujudkan Desa Wisata dan Desa Digital, Pemdes Marga Sakti Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2025l

Wujudkan Desa Wisata dan Desa Digital, Pemdes Marga Sakti Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2025l

Musrenbangdes Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Guna menata pembangunan yang berkelanjutan menuju desa mandiri, Pemerintah Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2025.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Camat Padang Jaya, Maman Suherman S.STP yang diwakili oleh Kasi PMDnya, Anis Rejeningsih, Kapolsek Padang Jaya, IPTU Ratno SH, Kepala Desa Marga Sakti, Sumaryono, Ketua Bpd, Zulkarnaen, Pendamping Desa, Sekdes beserta Perangkat Desa, Tokoh Agama, Toko Adat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Desa Sumaryono, Saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai lanjutan Rencana Pembangunan Desa (RKP Des).


Agenda Musrenbangdes Marga Sakti--

Menurutnya, desa yang ia pimpin selama dua periode itu hingga saat ini telah mengalami perkembangan pesat, baik secara kualitas SDM perangkat dan masyarakatnya, Infrastruktur, hingga tata kelola pemerintahan desa.

Tidak hanya itu saja, gelontoran anggaran juga telah mengalir kedesa ini tidak hanya Dana Desa saja, sentuhan APBD daerah, Provinsi dan APBN juga turun ke desa Marga Sakti.

"Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan yang diinginkan masyarakat tersebut dibiayai oleh berbagai sumber, APBD hingga APBN kita usulkan,"kata Sumaryono, Kamis (7/12/2023).


Agenda Musrenbangdes Marga Sakti--

Kades mengaku, desa Marga Sakti adalah satu-satunya desa terluas dan memiliki penduduk paling banyak di Kecamatan Padang Jaya. Dengan begitu, dirinya berharap impian untuk mewujudkan desa wisata serta desa digital sangatlah mungkin, jika ada dukungan dari pemerintah daerah.

"Secara administrasi, kami sudah menggunakan data online, pasar desa terbesar, wilayah luas, wisata Embung buatan hingga pabrik minyak goreng kami punya, meskipun saat ini masih mangkrak lantaran belum ada tindak lanjut dari kementerian,"ucapnya.

Dengan begitu, pihaknya melalui Musrenbangdes ini, Sumaryono berharap kepada Pemerintah Daerah dan Pusat, dimana yang telah diprioritaskan dan dimimpikan ini karena tertunda bisa didukung dan direalisasikan.


Jalannya Musrenbangdes Marga Sakti--

Maksud dan tujuan dari Musrenbang Desa sendiri, lanjut Kades yang sekaligus menjabat ketua forum kades se-kecamatan Padang Jaya tersebut adalah dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa.

Sehingga, musyawarah yang melibatkan semua komponen masyarakat, pembangunan di Desa Marga Sakti yang direncanakan Musrenbangdes akan terwujud, tertata dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: