Mana yang Paling Bergengsi, SMA Dwiwarna Boarding School atau Taruna Nusantara? Berikut Perbedaannya

Mana yang Paling Bergengsi, SMA Dwiwarna Boarding School atau Taruna Nusantara? Berikut Perbedaannya

Mana yang Paling Bergengsi, SMA Dwiwarna Boarding School atau Taruna Nusantara? Berikut Perbedaannya--

RADARUTARA.ID- Punya keinginan jadi calon Taruna? Ada beberapa pilihan sekolah yang bisa menjadi refrensi kamu untuk mewujudkannya. Diantaranya adalah dengan bersekolah di SMA Dwiwarna Boarding School dan SMA Taruna Nusantara. Nah, diantara kedua sekolah ini mana sih yang lebih bergengsi? Mari simak berpesan keduanya.

Dikutip dari lama resmi masing-masing sekolah, ada persamaan antara SMA Dwiwarna Boarding dan SMA Taruna Nusantara. Kedua sekolah, ini sama-sama berkonsep asrama yang bisa mendidik siswanya mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan

Tapi keduanya, ini juga memiliki perbedaan loh. Dimana SMA Dwiwarna Boarding School memiliki program CATAR atau biasa disebut program Calon Taruna dengan berbagai kegiatannya seperti Bina Jasmani, psikotes, kesempatan, pemeriksaan kesehatan dan kegiatan lainnya yang bisa menjadi bekal siswanya dalam melanjutkan sekolah kedinasan. 

BACA JUGA:Berikut Jadwal Seleksi Petugas Haji 2024 Lengkap Beserta Syarat dan Ketentuannya

Selanjutnya, SMA Dwiwarna juga memakai kurikulum nasional. Tapi, bedanya dengan Taruna Nusantara yakni, SMA ini menggabungkan dengan kurikulum keagamaan yang melibatkan praktik Islam. 

Dan nantinya para siswa akan diberi latihan fisik disamping kemampuan akademiknya sebagai upaya mempersiapkan diri sebagai Catar. Program bina Jasmani atau Binjas, ini berisikan latihan fisik guna membentuk kebugaran, pelatihan kedisiplinan dan sebagainya. 

Selain, itu sekolah ini juga ditunjang dengan fasilitas pendidikan modern dan lengkap. Tenaga didiknya pun, berkompeten dan berkualitas. Hasilnya, siswa/i mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik. 

BACA JUGA:Resep Bagar Hiu, Makanan khas Bumi Rafflesia yang jadi Menu Favorit Presiden Soekarno

Lalu, apa bedanya dengan SMA Taruna Nusantara?

Di satu sisi, SMA Taruna Nusantara menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum khusus yang mencakup pelajaran pendidikan bela negara, kenusantaraan dan kepemimpinan. 

Perbedaannya, meskipun sekolah ini bagian dari sekolah semi militer, namun setelah tamat siswanya tidak diwajibkan untuk melanjutkan ke pendidikan militer. Tetapi, bisa memilih sebagai calon Taruna di kedinasan sipil. 

Kendati demikian, perbedaan diantara kedua sekolah ini bukan hal yang harus dipersiapkan, sebab mau sekolah dimana pun, tetap kualitas diri masing-masing yang menentukan masa depan kita.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: