Konsumsi Jengkol Berlebihan Bisa Bikin Gagal Ginjal? Mitos atau Fakta?

Konsumsi Jengkol Berlebihan Bisa Bikin Gagal Ginjal? Mitos atau Fakta?

Konsumsi Jengkol Berlebihan Bisa Bikin Gagal Ginjal? Mitos atau Fakta?--

RADARUTARA.ID - Jengkol adalah makanan khas Indonesia yang mempunyai rasa khas dengan aroma yang menggugah selera.

Tetapi, di balik kenikmatannya, ada peringatan serius yang wajib kamu waspadai. Konsumsi jengkol berlebihan akan berisiko terhadap kesehatan ginjalmu.

Meskipun kenikmatan yang ditawarkan jengkol bisa membuatnya menjadi pilihan makanan yang menarik, tetapi ada risiko kesehatan yang berhubungan dengan konsumsi berlebihan.

Selain itu, jengkol terkenal sebagai pemicu bermacam masalah kesehatan, terkhusus yang berhubungan dengan fungsi ginjal.

BACA JUGA:10 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Aviary Mini, Agar Terlihat Alami Seperti di Hutan

Adapun Bahaya Konsumsi Jengkol Berlebihan, diantaranya:

1. Gas Jengkol

Salah satu risiko paling umum yang berhubungan dengan konsumsi jengkol yaitu produksi gas yang berlebihan dalam sistem pencernaan. Ini akan mengakibatkan, perut kembung hingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

2. Risiko Gagal Ginjal

Salah satu risiko serius yang berhubungan dengan mengkonsumsi jengkol dengan jumlah yang besar akan berisiko gagal ginjal. Didalam jengkol terkandung senyawa kimia yang bernama hipuric acid, jika di konsumsi dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Batu ginjal merupakan massa keras yang bisa merusak ginjal dan mengganggu aliran urin.

3. Gangguan Saluran Kemih

Mengkonsumsi jengkol secara berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Ini juga termasuk dalam risiko infeksi saluran kemih dan retensi urin, yang akan berakibat masalah serius pada pengeluaran urine.

4. Keracunan Jengkol

Gejala keracunan jengkol biasanya seperti mual, muntah, diare, dan dalam kasus yang parah, gangguan akan sistem saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: