Banyak yang Mengabaikan, Ini Hukum dan Syarat Memelihara Hewan dalam Ajaran Islam

Banyak yang Mengabaikan, Ini Hukum dan Syarat Memelihara Hewan dalam Ajaran Islam

Banyak Yang Mengabaikan, Ini Hukum Dan Syarat Memelihara Hewan Dalam Ajaran Islam.--

RADARUTARA.ID - Burung merupakan hewan yang banyak dipelihara karena kicauannya yang merdu serta warna bulunya yang menarik. Banyak dari pecinta burung memelihara hewan ini di dalam sebuah kandang.

Memelihara burung sendiri dapat memberikan kesenangan pada diri pribadi karena kicauannya yang indah serta warnanya yang terlihat cantik. 

Selain itu memelihara burung dengan kicauannya yang merdu dapat meredakan stres. Bahkan di saat suasana hati lagi bersedih kita kan suara burung yang khas membuat suasana menjadi tenang dan tentram. Bahkan beberapa perlombaan kicauan burung sering diadakan oleh komunitas pecinta burung.

Selain itu memelihara burung juga menjadi ladang bisnis di mana terdapat tokek burung yang memperjualbelikan burung-burung yang masih hidup untuk memperoleh sejumlah keuntungan.

BACA JUGA:Tips Mencegah Bau di Aviary Mini, Lingkungan Tetap Asri Sehat dan Nyaman

Menurut pandangan Islam, dalam buku khotbah Jumat pelestarian satwa langka oleh hayu Susilo Prabowo, menjelaskan tentang hukum memelihara burung dalam Islam adalah boleh atau mubah hal tersebut terkait dengan kisah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang diceritakan oleh Anas bin Malik radhiyallahu anhu.

Rasulullah pernah datang ke rumah Ummu Sulaim. Dia memiliki seorang anak dari Abu Thalhah bernama Abu Umair. Beliau terbiasa bercanda dengannya. 

Suatu hari Rasulullah melihatnya sedih, lalu bertanya, “Ada apa dengan Abu Umair, aku melihatnya bersedih?” Lalu para shahabat menjawab, “Burung kecilnya yang dia biasa bermain dengannya telah mati.”

Rasulullah mendatangi Abu Umair yang sedang menangis sambil memegang sangkar burungnya, lalu beliau bertanya kepadanya, “Wahai Abu Umair, ada apa dengan si Nughair?” (HR Bukhari).

BACA JUGA:Pantai Laguna Kaur, Salah Satu Destinasi yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Dari hadis tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwasannya Islam tidak pernah melarang memelihara burung, hal tersebut dibuktikan dengan sikap Rasulullah yang tidak melarang untuk memelihara burung.

Dipelihara burung bisa menjadi haram apabila tidak menjaga dan merawatnya dengan sebaik mungkin dan bahkan tidak memberinya makan.

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Ada perempuan yang masuk neraka karena tidak memberi makan kucing peliharaannya sampai mati kelaparan. Dia mengurungnya dan tidak melepaskannya agar dia bisa mencari makan sendiri.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: