Apakah Benar Makan Mie Instan Tiap Hari Bisa Menyebabkan Usus Buntu?

Apakah Benar Makan Mie Instan Tiap Hari Bisa Menyebabkan Usus Buntu?

Apakah Benar Makan Mie Instan Tiap Hari Bisa Menyebabkan Usus Buntu?--

RADARUTARA.ID - Mie instan memang sulit untuk dilepas sebagai salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi terutama bagi masyarkat Indonesia.

Karena rasanya yang enak, murah, dan gampang didapat sehingga menjadikan mie instan sebagai salah satu alasan banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Namun, apakah mie instan bisa menyebabkan usus buntu atau radang usus? 

Ternyata hal ini salah besar. Ada banyak ahli dan dokter yang sudah membantah hal ini. Bahkan, pihak Society of American Gastrointestinal and Endoscopic Surgeons menyebutkan bahwa walaupun tampak seperti mie instan, sebenarnya hal tersebut bukanlah mie tetapi cacing parasit berjenis ascaris. Cacing ini memang bisa berkembang biak di dalam usus manusia. 

BACA JUGA:Honisuit, Meriam Terbesar Kedua di Asia Ternyata ada di Bengkulu!

Infeksi cacing ini kerap terjadi akibat kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang belum matang sehingga bisa saja mempunyai telur cacing tersebut. 

Walaupun mengonsumsi mi instan setiap hari, mie instan tidak ada hubungannya dengan usus buntu atau radang usus. 

Tetapi, tentu saja, mengonsumsi mie instan setiap hari, juga tidak baik bagi kesehatan. Batas makan mi instan dalam seminggu yaitu satu sampai dua kali saja. Karena, meski mi instan mengandung banyak kalori, tetapi kandungan di dalamnya tidak mempunyai banyak nutrisi.

Kalau mengonsumsi mi instan terlalu sering, maka alanglah baiknha harus diselingi atau dibarengi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan supaya tidak kekurangan nutrisi yang penting dan dibutuhkan bagi tubuh. 

BACA JUGA:Atasi Sembelit Tanpa Konsumsi Obat, Ramuan Herbal ala dr Zaidul Akbar, Hanya Perlu Bumbu Dapur & Kolang-Kaling

Harus diketahui mi instan mengandung banyak lemak yakni lemak jenuh dan natrium. Sementara kandungan protein, vitamin, dan mineralnya sangat sedikit.

Dalam satu bungkus mi instan lengkap dengan satu paket bumbu mengandung hingga 1.700 miligram natrium. Jumlah ini 85 % lebih banyak dari rekomendasi jumlah asupan natrium harian. Konsumsi garam atau natrium yang berlebihan akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Sehingga, kalu terlalu sering makan mi instan juga bisa meningkatkan risiko penyakit metabolisme, diabetes, dan stroke, tetapi tidak dengan usus buntu atau radang usus*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: