Bukan Cuma Dapat Pahala, Ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan Cuma Dapat Pahala, Ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan Cuma Dapat Pahala, Ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Tubuh--

RADARUTARA.ID - Puasa merupakan salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun islam. Perintah berpuasa juga tercantum jelas di dalam Al-Quran.

Selain puasa wajib, seperti puasa Ramadan yang dilakukan setiap tahun, ada pula puasa sunnah yang bisa dilakukan secara rutin, diantaranya ada puasa daud, puasa Asyura, hingga puasa Senin-Kamis. Puasa Senin-Kamis merupakan puasa yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis dalam waktu seminggu. 

Selain bisa memperoleh pahala di sisi Allah SWT ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan kita rutin melaksanakan puasa Senin-Kamis.

BACA JUGA:Sering Dikira Tanggung Jawab Ibu Dalam Mendidik Anak, Ternyata Dalam Islam 9 Peran Ini Tanggung Jawab Ayah

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa didapat melalui puasa Senin-Kamis selain untuk mendapat pahala, yakni:

1. Detoksifikasi Tubuh 

Ketika puasa, tubuh membiarkan saluran pencernaan beristirahat untuk beberapa waktu. Melalui cara ini, tubuh bisa fokus membuang racun-racun yang tidak diperlukan. Racun harus dibuang lantaran dapat menimbulkan beberapa masalah, contohnya seperti sakit kepala, masalah kulit, lesu, lelah, hingga sariawan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Rasa lapar akibat berpuasa bisa memicu sel-sel induk untuk memproduksi sel-sel darah putih baru sehingga memiliki dampak terhadap meningkatnya daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Maka dari itu berpuasa bisa memicu regenerasi bagi sistem kekebalan tubuh. 

BACA JUGA:Mau Bangun Hunian Nyaman dan Dana Terbatas? Ini Inspirasi Rumah Kecil, Mungil nan Estetik

3. Meningkatkan Rasa Bahagia 

Ada sebuah Studi yang menunjukkan, dengan berpuasa mampu meningkatkan jumlah beberapa bahan kimia pada otak yang bertanggung jawab untuk menciptakan suasana hati yang baik, memori, hingga kesejahteraan umum. Salah satunya yaitu meningkatkan hormon endorfin.

Hormon endorfin merupakan hormon yang memiliki peran dalam mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia.

4. Meningkatkan Fungsi Otak 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: