Kenapa Harus Mengangkat Jari Telunjuk Saat Tahiyat dalam Sholat? Begini Makna dan Alasannya

Kenapa Harus Mengangkat Jari Telunjuk Saat Tahiyat dalam Sholat? Begini Makna dan Alasannya

Kenapa Harus Mengangkat Jari Telunjuk Saat Tahiyat dalam Sholat? Begini Makna dan Alasannya--

RADARUTARA.ID - Sholat merupakan ibadah yang diwajibkan dalam agama Islam untuk berhadapan dengan Sang Pencipta Allah SWT.

Sholat juga termasuk Rukun Islam yang kedua. Ternyata sholat bukan cuma melakukan gerakan-gerakan saja, namun ritual sholat ini mempunyai manfaat yang luar biasa, yakni bisa menciptakan rasa tenang, tentram, menghilangkan rasa cemas, takut, gelisah, dan sholat juga bisa menambah pahala hingga mengurangi dosa seseorang.

Salah satu gerakan dalam sholat yakni tahiyat, baik awal maupun di akhir. Dalam gerakan tahiyat awal maupun akhir, ada gerakan mengangkat telunjuk bagian kanan, kenapa hal tersebut wajib dilakukan?

BACA JUGA:Harus Peka, Ini 7 Bahasa Tubuh Janda Saat Menyukai Pria, Gerak-geriknya Beda

Berikut ini Alasan Jari Telunjuk Diangkat Saat Tahiyat dalam Sholat

Muhammad bin Ahmad al Khatib Al Syarbini dalam Mughni Al Muhtaj (juz. 1, hlm. 240) menuliskn:

Diutamakan mengangkat jari telunjuk kanan saat membaca Laillaha Illa Allah ketika tasyahhud, dikarenakan mempunyai konektivitas dengan urat hati atau jantung. hal ini menjadi penyebab hadirnya hati atau mengingat Allah SWT.

Kalau jari tengah mempunyai konektivitas dengan urat kemaluan. Itu sebabnya, dalam islam tidak akan memberi isyarat menggunakan jari tengah.

Sementara hikmah mengangkat jari telunjuk merupakan bentuk ikrar kita terhadap keesaan Allah, baik dalam perkataan, perbuatan hingga keyakinan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: