7 Amalan Luar Biasa yang Bisa Dikerjakan Wanita Selama Haid, Nomor 6 Pembuka Pintu Rezeki

7 Amalan Luar Biasa yang Bisa Dikerjakan Wanita Selama Haid, Nomor 6 Pembuka Pintu Rezeki

7 Amalan Luar Biasa Yang Bisa Dikerjakan Wanita Selama Haid, No 6 Pembuka Pintu Rezeki.--

RADARUTARA.ID - Haid merupakan kondisi yang dialami seorang wanita yang ditandai dengan keluarnya darah  dari rahimnya secara sehat tanpa sebab penyakit apapun dan terjadi secara berkala.

Haid merupakan siklus biologis yang bisa dikatakan sebagai suatu keistimewaan bagi wanita. Haid diberikan khusus kepada kaum wanita oleh Allah SWT. Haid juga menjadi pertanda bahwa organ reproduksi wanita berfungsi dengan baik dan sehat.

Selama mengalami masa haid, wanita  dilarang melakukan ibadah shalat dan puasa. 

Rasulullah SAW juga menjelaskan dalam sebuah hadits tentang larangan shalat dan puasa bagi wanita saat haid.

BACA JUGA:Mental Gen Z Disebut Lebih Lemah Ketimbang Mental Gen Milenial, Begini Faktanya

Sebagaimana dikutip dari kitab Fiqih Haid karya KH Muhammad Shakr AH MH menjelaskan sebuah hadits yang diturunkan Rasulullah SAW kepada putrinya Fathimah tentang larangan shalat dan puasa pada saat haid, yang berbunyi sebagai berikut:

"Apabila datang haid, maka tinggalkanlah salat. Saat durasi waktu haid telah tuntas, maka bersihkanlah darah itu darimu lalu kerjakanlah salat." (HR Bukhari & Muslim).

Larangan shalat dan puasa saat haid juga terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 222: 

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: "Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri," (QS. Al Baqarah : 222).

BACA JUGA:Viral, Begini Cara Membuat Sop Buah Pir untuk Meredakan Batuk dan Pilek Paling Ampuh

Meski demikian masih banyak pilihan amalan lain yang boleh dilakukan oleh seorang wanita haid untuk meraih pahala dan ridho Allah SWT.

Lalu apa amalan yang bisa dilakukan oleh wanita saat menjalani siklus menstruasi? Sahabat radarutara.id bisa simak ulasan dibawah ini sampai selesai ya!

1. Beristighfar

Rasulullah  SAW menganjurkan untuk memperbanyak Istighfar bagi wanita selama periode haid. Dengan membaca Istighfar akan membawa ketenangan pikiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: