Mengenal Dukhan, Tanda Kiamat yang Paling Ditakuti Dajjal

Mengenal Dukhan, Tanda Kiamat yang Paling Ditakuti Dajjal

Mengenal Dukhan, Tanda Kiamat yang Paling Ditakuti Dajjal--

RADARUTARA.ID - Salah satu tanda kiamat yang tercantum dalam Al-Quran disebut dengan "Dukhan." 

Dukhan merupakan kata dalam bahasa Arab yang artinya "asap" atau "kabut,”. Penjelasan tentang Dukhan bisa ditemukan pada Al-Quran dalam Surat Ad-Dukhan Surat 44.

Di dalam Surat Ad-Dukhan, Allah menceritakan peristiwa munculnya asap yang akan mengelilingi langit dan bumi. Banyak ulama yang meyakini bahwa ini menjadi salah satu pertanda besar akan datangnya Hari Kiamat. Allah menggambarkan peritiwa ini dalam Al-Quran pada Surat Ad-Dukhan ayat 10-12.

BACA JUGA:Honda Rilis Karisma 125 Matic, Harga Rp17 Jutaan, tapi Spesifikasi Setara Vario, Minat?

Kedatangan hari kiamat merupakan suatu kepastian dalam agama Islam, walaupun waktu pastinya cuma Allah SWT yang mengetahuinya.

Untuk menghadapi hari kiamat, tanda-tanda seperti Dukhan menjadi pengingat bagi umat manusia akan pentingnya menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama serta selalu mempersiapkan diri untuk hari pembalasan kelak.

Tetapi, dalam perspektif kisah akhir zaman dalam agama Islam, ada sesosok manusia yang paling ditakuti oleh banyak orang, yang bernama Dajjal. Dajjal merupakan sebutan bagi penipu yang mengklaim kebenaran, tetapi sebenarnya menyesatkan. 

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh Dajjal yakni munculnya Dukhan. Kabut atau asap yang muncul, tercantum dalam hadis, yang akan membuat Dajjal mengalami cacat dan menghadapi kekalahan di medan Armageddon.

BACA JUGA:Gak Perlu Ribet, Bersihkan Jamur Kaca Hanya Perlu Pakai Peralatan Mandi Kamu

Disebutkan pula bahwa Dajjal akan terhapus dan buta sebelah akibat munculnya Dukhan. Maka dari itu, Dajjal 'terhapus'. Tak hanya itu, orang-orang kafir dan Yahudi yang berada di kawasan Khurasan juga akan mengalami pembengkakan di seluruh tubuh mereka. Ini adalah salah satu pertanda besar akan datangnya hari kiamat.

Walaupun tanda-tanda akhir zaman dan kiamat mungkin sangat menakutkan, tetapi bagi umat Islam, mereka adalah pengingat akan adanya kebesaran Allah dan harus menjalani kehidupan dengan taat dan penuh keyakinan.

Kesadaran dengan akhirat dan kepatuhan terhadap ajaran agama adalah inti dari persiapan menuju hari kiamat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: