6 Pertanda sebelum Keluarnya Dajjal, Sudah Terlihat dari Sekarang

6 Pertanda sebelum Keluarnya Dajjal, Sudah Terlihat dari Sekarang

6 Pertanda sebelum Keluarnya Dajjal, Sudah Terlihat dari Sekarang--

RADARUTARA.ID - Dajjal merupakan cobaan terbesar dan terberat untuk tiap-tiap insan. Sebelum kemunculannya kelak di akhir zaman, akan ada juga beberapa musibah yang menimpa umat manusia sebagai ujian untuk mereka. Rasulullah SAW dalam sabdanya sudah mengingatkan kaum muslim tentang Dajjal. Bahkan beliau menjelaskan tanda-tandanya, kemampuan yang ia punya, fitnah yang ia bawa, dan hal lainnya.

Dalam hadits-hadits lain, Nabi SAW juga ikut mengabarkan tanda-tanda yang akan menimpa manusia, tak lama sebelum makhluk pendusta yang satu ini muncul. Berikut ini pertanda yang akan dialami sebelum keluarnya Dajjal:

1. Menurunnya Ilmu Agama

Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda, "Dajjal akan keluar saat agama berkurang dan ilmu merosot." (HR Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Abu Ya'la, dan Hakim)

BACA JUGA:Mengerikan, Juragan Keripik Ini Ngaku Gunakan Dana Bansos dari Pemerintah untuk Membeli Pesugihan Tuyul

2. Manusia Lupa akan Allah SWT

Riwayat Sha'b bin Jatsamah, ia mendengar Nabi SAW berkata, "Dajjal tidak akan keluar sampai manusia lupa mengingat Allah SWT." (HR Ahmad)

3. Dilanda Kelaparan

Hadits dari Abu Umamah, bahwa Rasulullah SAW menyampaikan, "Akan terjadi malapetaka selama tiga tahun sebelum Dajjal keluar, yakni manusia ditimpa kelaparan. 

4. Musim Paceklik

Asma binti Yazid Al-Ansari meriwayatkan bahwa ia bersama dengan Nabi SAW di rumahnya, kemudian beliau bersabda, "Selama tiga tahun sebelum Dajjal keluar, langit menahan sepertiga hujannya dan bumi menahan sepertiga tanamannya. Pada tahun kedua, langit menahan dua pertiga hujannya dan bumi menahan dua pertiga tanamannya, dan pada tahun ketiga langit menahan semua hujannya dan bumi menahan semua tanamannya sehingga tanah yang kering juga menjadi rusak." (HR Ahmad dan Ath-Thabrani)

BACA JUGA:Mengenal Arti dan Kode Plat Nomor Kendaraan di Bengkulu, Cuma dari Plat Langsung Tau Asalnya dari Daerah Mana

5. Banyaknya Para Pendusta

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sampai dibangkitkan Dajjal para pendusta yang jumlahnya sekitar tiga puluh orang. Semuanya mengaku sebagai utusan Allah." (HR Bukhari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: