Malam Ini Puncak Hujan Meteor Leonid, Begini Cara Melihatnya Secara Langsung

Malam Ini Puncak Hujan Meteor Leonid, Begini Cara Melihatnya Secara Langsung

Malam Ini Puncak Hujan Meteor Leonid, Beginj Cara Melihatnya Secara Langsung--

RADARUTARA.ID - Seperti yang diketahui, Puncak hujan meteor Leonid akan terjadi malam ini pada Jumat, 17 November dan Sabtu, 18 November 2023.

Meteor sendiri biasa dikenal sebagai bintang jatuh, tetapi sebenarnya mereka bukanlah bintang sama sekali. Meteor merupakan seberkas cahaya di langit yang disebabkan oleh debu dengan bebatuan kecil yang terbakar ketika menghantam atmosfer bagian atas bumi dengan kecepatan sangat tinggi hingga puluhan kilometer per detiknya.

Partikel-partikel kecil ini menghasilkan garis-garis cahaya terang yang bisa kamu lihat dari tanah pada malam hari. Secara umum, semakin besar debu luar angkasa, maka semakin terang pula meteor tersebut. 

BACA JUGA:Berlibur ke Mukomuko? Jangan Lupa Mampir ke Pantai Batung Badoro, Dijamin Bersih dan Masih Terawat

Nama hujan meteor, diambil dari rasi bintang yang isinya adalab pancaran pancaran dari hujan tersebut. Radiasi merupakan tempat asal meteor. Jika kamu menggambar garis di sepanjang meteor, maka semua garis akan bertemu di titik yang sama.

Ini merupakan efek kecepatan Bumi melewati puing-puing komet, yang maknanya ketika kamu melihat hujan meteor, kamu sedang melihat bukti langsung planet kita mengorbit Matahari.

Adapun cara untuk menyaksikan hujan meteor hanya dengan menggunakan matamu saja, kesabaran, dan malam yang sebagian besar bebas awan. Keluarlah untuk bersantailah sambil melihat langit.

BACA JUGA:HeHa Sky View, Wisata Terpopuler Yogyakarta dengan Pemandangan Eksotis, Segini Harga Tiketnya

Umumnya, waktu terbaik untuk melihat hujan meteor yakni antara tengah malam dan menjelang fajar, karena pada waktu itulah kamu berada di sisi terdepan bumi, menyaksikan puing-puing komet mendatangi kamu bak hujan yang sedang menghantam kaca depan mobil.

Kamu tak perlu susah payah menatap ke arah pancaran cahaya. Banyak orang mengatakan tempat yang ideal untuk melihat huhan meteor leonid adalah 45 derajat dari cahaya.

Tetapi faktor yang paling penting yaitu pergi ke lokasi yang gelap, jauh dari lampu kota, membiarkan mata kamu menyesuaikan diri selama beberapa menit, dan melihat ke bagian langit yang paling gelap.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: