Kampus Ini Memberikan Beasiswa Khusus Bagi Content Creator, Cek Syaratnya Disini!

Kampus Ini Memberikan Beasiswa Khusus Bagi Content Creator, Cek Syaratnya Disini!

Kampus Ini Memberikan Beasiswa Khusus Bagi Content Creator, Cek Syaratnya Disini!--

RADARUTARA.ID - Menjadi seorang content creator saat ini sudah menjadi cita-cita bagi sebagian anak. Maraknya fenomena influencer di Indonesia membuat banyak orang tergiur untuk menjadi content creator. Bukan tanpa alasan, mengingat profesi ini memiliki potensi penghasilan yang besar.

Berdasarkan data Statistica, Indonesia merupakan pasar menjanjikan bagi pemasaran lewat influencer. Ditambah dengan jumlah pengguna jejaring sosial di Indonesia, yang diperkirakan akan mencapai lebih dari 260 juta pada 2026, strategi pemasaran 'jalur' influencer atau content creator pun makin potensial.

Namun, menjadi seorang content creator bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan berbagai macam keterampilan, seperti riset, kerja keras, teknik, waktu, konsistensi, dan usaha yang sungguh-sungguh.

Lantas, perlukah sebuah pendidikan formal khusus untuk menjadi seorang content creator? Sebuah universitas di Irlandia, Institute of Technology Carlow, ternyata telah membuka jurusan khusus untuk menjadi influencer.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hotel Bintang 5 Dekat Malioboro Yogyakarta, Fasilitas Elit Harga Ramah Dikantong

Beberapa mata kuliah yang diajarkan antara lain pengenalan digital marketing, public relations, penulisan kreatif, etika media baru, media digital kreatif, marketing media sosial sampai manajemen krisis.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini belum ada jurusan atau program studi khusus untuk menjadi seorang content creator. Namun, dalam beberapa program studi, mata kuliah ini menjadi selipan tambahan ilmu untuk kebaruan.

Menanggapi fenomena jurusan khusus untuk content creator, Sismita, praktisi dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik jurusan Komunikasi Universitas Indonesia (UI), mengaku cenderung ke sisi kontra.

"Ini sebenarnya positif dan lumrah ya karena kebaruan teknologi, tapi saya cenderung merasa ini belum perlu," ujarnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel Dekat Malioboro, Murah dan Nyaman Buat Keluarga, Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

Ia mengatakan bahwa sebenarnya dasar ilmu untuk jadi content creator sudah ada dalam jurusan lain, seperti komunikasi digital, public relations, broadcast, dan manajemen krisis.

Sismita juga menyelipkan mata kuliah dan pengetahuan tentang bagaimana perkembangan dunia komunikasi digital saat ini dan 'menyerempet' ke sisi content creation meski tak melabeli mata kuliahnya dengan content creation.

Meski belum ada jurusan khusus, beberapa kampus di Indonesia telah menawarkan beasiswa khusus bagi para influencer. 

Tercatat setidaknya ada 16 kampus yang memiliki beasiswa jalur content creator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: