Wajib Tahu, Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Ngelitik Ketika Dipakai

Wajib Tahu, Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Ngelitik Ketika Dipakai

Wajib Tau, Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Nglitik Ketika Dipakai--

RADARUTARA.ID- Pernahkah kalian mengalami mesin mobil yang ngelitik? Tentunya hal tersebut sangat menganggu dan dipastikan bakal membuat kita tidak nyaman saat mengendarai mobil.

Mekanik handa di kota Bengkulu Galang menyampaikan, Kondisi mesin mobil yang ngelitik bisa disebabkan oleh proses pembakaran di ruang bakar. 

"Penyebab utamanya ada pembakaran yang terjadi sebelum locatan bunga api," tutur Galang.

BACA JUGA:Meski Cuaca Tak Menentu, KWT di Giri Mulya Berhasil Budidaya Bawang Merah

Menurut Galang hal tersebut terjadi lantaran adanya kerak karbon yang sudah menumpuk dengan Oktan rendah pada bahan bakar.

"Kerja karbon biasanya sudah menumpuk, selain itu penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah juga bisa penyebabnya," kata Galang.

Hal ini disebabkan dari kerak karbon yang terlalu banyak dan penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah," tambahnya.

BACA JUGA:Berhasil Tarik Bantuan APBN, Bengkulu Utara Dapatkan Kuota 2.973 KK Bantuan Kerawanan Pangan

Galang juga menuturkan, kerak di ruang karbon juga bisa di terjadi karena mobil yang minim perawatan dan jarang sekali di servis.

"Sehingga kerak karbon di ruang bakar itu menyala lebih dulu, hal ini akhirnya menyebabkan mesin ngelitik dan mobil kurang bertenaga," ujarnya.

Galang memastikan salah satu cara mengurangi mesin ngelitik adalah dengan rutin melakukan servis terutama yang berhubungan dengan ruang bakar.

"Jangan lupa juga pakai oktan bensin yang direkomendasikan oleh pabrikan," tutup Galang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: