Meski Cuaca Tak Menentu, KWT di Giri Mulya Berhasil Budidaya Bawang Merah

Meski Cuaca Tak Menentu, KWT di Giri Mulya Berhasil Budidaya Bawang Merah

Gafur/RU.ID- Proses panen bawang merah di Giri Mulya--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Meskipun saat ini cuaca tidak menentu, tidak membuat hasil panen bawang merah gagal.

Seperti halnya yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) 'Cantik Manis' di Dusun I Desa Giri Mulya, Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara, pada panen perdana itu dianggap berhasil.

"Bantuan bibit dari pak kades sebanyak 20 Kg, panen kali ini setelah ditimbang tembus 98 Kg, diluar dugaan padahal cuacanya lagi tidak menentu,"ungkap Ketua KWT Cantik Manis, Wartini, Selasa (7/11/2023).

Wartini menyebut, keberhasilan ini tak lepas kekompakan anggota dalam perawatan mulai dari proses penyiapan lahan hingga panen.

BACA JUGA:Rawan Kecelakaan, Polisi Monitor Pekerjaan Jalan Inpres di Padang Jaya

Ditambah lagi bawang merah tersebut merupakan salah satu mendukung program pemerintah dalam mengatasi krisis pangan.

"Totalnya ada 65 ibuk-ibuk hebat, mereka semangat menanam berbagai tanaman sayuran untuk memanfaatkan pekarangan yang dikelola KWT, khususnya bawang merah,"sambungnya.

Disisi lain, Kepala Desa Giri Mulya Eko Deritanto saat dibincangi menyampaikan bahwa pada hari ini KWT Cantik Manis mengadakan giat panen Bawang merah.

Untuk menjadi penyemangat para anggota KWT, pihaknya bersama Tripika turut mengikuti panen sekaligus ramah tamah bersama warga untuk meningkatkan program ketahanan pangan.

Program ini dijelaskan Kades, merupakan program unggulan Desa Giri Mulya melalui kegiatan ketahanan pangan dan dialokasikan melalui Dana Desa Tahun 2023.


Proses panen Bawang Merah di Giri Mulya--

Lanjut Kades, Setidaknya ada 19 kelompok yang dibantu berupa bibit Bawang Merah serta alat penunjang lainnya agar program ini berhadil.

"Totalnya ada 19 Kelompok yang dibantu melalui DD Giri Mulya, berupa Pupuk, Mulsa serta Bibit. Alhamdulillah semua berhasil, dari 10 kelompok yang dibantu perkelompoknya 20 Kg saat dipanen sudah mencapai 412,5 Kg,"ungkap Kades.

Disinggung hasil panen bawang merah itu, pihaknya telah menyampaikan langsung kepada KWT agar bawang merah tersebut sebagiannya ditanam kembali, sedangkan sisanya dibagikan sesama anggota di KWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: