Ketika Turun Hujan, Jadi Waktu Mustajab yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Berdoa

Ketika Turun Hujan, Jadi Waktu Mustajab yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Berdoa

Ketika Turun Hujan, Jadi Waktu Mustajab yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Berdoa--

RADARUTARA.ID - Hujan adalah nikmat dari Allah SWT. Ketika turun hujan, gunakanlah waktu ini untuk memanjatkan segala doa. Rasulullah SAW mangatakan bahwa saat hujan adalah waktu mustajab untuk memanjatkan doa.

Hujan merupakan rahmat dan karunia dari Allah SWT sehingga sebagai unat manusia kita wajib bersyukur. Adapun salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah yaitu dengan memanjatkan doa.

Saat hujan deras, Rasulullah SAW membaca doa berikut ini:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan."

BACA JUGA:Bak Menemukan Harta Karun Jika Miliki 6 Koin Kuno Ini, Kamu Langsung Jadi Jutawan

Selain itu, Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada kita untuk membaca doa berikut ini:

Allaahumma innii a'uudzu bi ridhaaka min sakhathik, wa bi mu'aafaatika min 'uquubatik, wa a'uudzu bika minka, laa ahshii tsanaa'a 'alaika anta kamaa atsnaita 'alaa nafsik

Artinya: "Ya Allah aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu dan dengan penyelamatan-Mu dari siksa-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak bisa menghitung pujian untuk-Mu, Engkau sebagaimana engkau menyanjung diri-Mu".

BACA JUGA:Ciri-ciri Asli dan Khasiat Bulu Perindu yang Wajib Diketahui, Jadi Pelaris hingga Sebagai Pemikat Pujaan Hati

Saat turun hujan merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa karena penuh dengan rezeki dan rahmat. Selain membaca doa turun hujan, sebagai umat muslim kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa terkait hajat dan keinginan kita.

Hal ini berdasarkan hadits Imam Syafi'i yang dikutip dari buku Amalan Pembuka Rezeki oleh Karya Haris Priyatna dan Lisdy Rahayu,

"Berdoalah pada waktu yang diperkenankan Tuhan, yaitu ketika berjumpa dengan pasukan musuh, saat hendak melaksanakan sholat, dan ketika turun hujan." (HR. Syafi'i).

Rasulullah SAW juga bersabda, "Ada dua doa yang tidak pernah ditolak, yakni doa ketika waktu azan dan doa saat waktu hujan." (HR. Hakim, disahihkan oleh Adz-Dzahabi 1/113-114).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: