Fresh Graduate Harus Tahu, Ternyata BI Checking Sangat Berpengaruh Ketika Melamar Kerja, Begini Penjelasannya

Fresh Graduate Harus Tahu, Ternyata BI Checking Sangat Berpengaruh Ketika Melamar Kerja, Begini Penjelasannya

Fresh Graduate Harus Tahu, Ternyata BI Checking Sangat Berpengaruh Ketika Melamar Kerja, Begini Penjelasannya--

RADARUTARA.ID - Belakangan ini BI checking menjadi topik hangat yang dibahas dalam dunia media sosial.

Kehebohan ini disebabkan adanya sebuah cuitan di twitter atau X yang mencertikan sebuah proses rekrutmen di kantor tempat ia bekerja. 

Ternyata, ada 5 fresh graduate yang gagal memperoleh pekerjaan lantaran mereka punya skor BI checking dengan nilai skor KOL 5.

BI checking sendiri merupakan layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Dalam sistem tersebut, bank dan lembaga keuangan akan saling berbagi informasi terkait kredit nasabah atau riwayat kredit pada seseorang.

BACA JUGA:Pelayanan Samsat Keliling di Ketahun Diperpanjang, Ini Jadwal dan Lokasinya

Sekarang ini, istilah BI checking sudab berubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Informasi mengenai riwayat kredit ini umumnya digunakan oleh pihak bank untuk menyetujui pengajuan pinjaman diantaranya seperti kartu kredit, KPR, atau kredit kendaraan bermotor.

Lantas bagaimana tanggapan dari Kementerian Ketenagakerjaan? 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemenaker), Anwar Sanusi menyebutkan bahwa BI checking tidak ada hubungannya dengan penerimaan karyawan.

Biasanya perusahaan tidak akan mempertanyakan hal-hal pribadi dari calon pegawai yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan atau jabatan yang akan diduduki.

BACA JUGA:Jadi Tersangka Korupsi Tanah Kas Desa, Kaki Lurah Maguwoharjo Dipasangi GPS, Kok Bisa?

Tetapi, Anwar Sanusi juga mengatakan bahwa terkadang ada beberapa perusahaan yang membutuhkan BI checking untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan mereka. 

“Bisa saja perusahaan tersebut memeang memerlukan BI checking kandidat untuk dijadikan bahan pertimbangan bahwa kandidat memang mempunyI rekam jejak pinjaman. Tetapi itu tergantung pada kewenangan dari perusahaan yang akan merekrut.

Apabila merujuk pada aturan-aturan Ketenagakerjaan, pemberlakuan BI checking ini tidak ada hubungan secara langsung dengan proses rekrutmen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: