Selain Memiliki 12 Pantai Eksotis, Bengkulu Juga Memiliki Pusat Latihan Gajah Sumatera yang Wajib Dikunjungi

Selain Memiliki 12 Pantai Eksotis, Bengkulu Juga Memiliki Pusat Latihan Gajah Sumatera yang Wajib Dikunjungi

Selain Memiliki 12 Pantai Eksotis, Bengkulu Juga Memiliki Pusat Latihan Gajah Sumatera yang Wajib Dikunjungi--

RADARUTARA.ID- Ada banyak kekayaan alam yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu. Salah satu kekayaan alam yang dapat kita nikmati adalah tempat-tempat wisatanya.

Adapun, tempat wisata yang terkenal dan dimiliki oleh daerah yang merupakan pecahan dari Sumatera Selatan, ini diantaranya adalah tempat wisata pantainya. Total, Provinsi Bengkulu memiliki 12 pantai yang sangat eksotis dan wajib kalian kunjungi. 

Dan rasanya menjadi kurang, apa bila kita berkunjung ke wilayah kelahiran istri dari Bung Karno, Fatmawati, ini tanpa mampir ke pantai-pantai yang ada di Provinsi Bengkulu dan menikmati keindahan alamnya.

Ada pun, deretan pantai Bengkulu yang terkenal eksotis itu adalah Pantai Panjang. Selain Pantai Panjang, Bengkulu juga masih banyak memiliki banyak pantai lain yang tak kalah indahnya. 

BACA JUGA:Pelayanan Samsat Keliling di Ketahun Diperpanjang, Ini Jadwal dan Lokasinya

Nah, selain keindahan pantainya. Ternyata Bengkulu juga memiliki Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Sebelat yang menjadi pusat habitat gajah sumatera.

Keberadaan gajah Sumatera di kawasan PLG Sebelat, Desa Suka Baru, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Kabupaten Bengkulu Utara ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara untuk berkunjung sekaligus, berinteraksi dengan satwa lain yang dilindungi. 

"Setiap pengunjung yang datang kesini (PLG) pastinya mau melihat Gajah," ujar Koordinator PLG Sebelat, Asep. 

Asep mengatakan, taman wisata PLG adalah habitat Gajah Sumatera satu-satunya di Provinsi Bengkulu. Dan keberadaannya berada dibawah pengawasan Balau Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu. 

Asep, juga megungkapkan, bahwa kawasan PLG memiliki luas 7.732,80 hektar yang keberadaannya dijaga ketat oleh Polisi Hutan untuk menghindari aksi kejahatan hutan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Sebagai informasi, kata Asep, saat ini total ada 10 ekor gajah jinak yang dipelihara oleh Mahout atau pawang gajah di PLG Sebelat. 

BACA JUGA:Bawaslu Warning Caleg Jangan Curang, Waktu Kampanye Belum Dimulai

Setiap harinya, masih Asep, selalu ada pengunjung atu wisatawan lokal yang datang ke PLG untuk sekedar melihat dan berinteraksi dengan gajah jinak yang ada di PLG.  

"Apa lagi akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu, pasti jumlah pengunjung lebih banyak datang sekedar melihat gajah," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: