8 Puskesmas di Bengkulu Utara Rubah Status ke BLUD di Tahun 2023

8 Puskesmas di Bengkulu Utara Rubah Status ke BLUD di Tahun 2023

BLUD Puskesmas--

RADARUTARA.ID- Total, ada delapan Puskesmas di Kabupaten Bengkulu Utara yang ditargetkan di tahun 2023, ini dapat merubah statusnya menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). 

Dan salah satu dari delapan Puskesmas yang sedang berusaha merubah statusnya ke BLUD adalah Puskesmas Tanjung Harapan, Kecamatan Ulok Kupai.

"Kami sedang berproses merubah status ke BLUD. Total ada 8 Puskesmas dan salah satunya Puskesmas kita di Tanjung Harapan yang di targetkan di akhir tahun, ini bisa merubah status ke BLUD," ungkap Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Harmen, SKM.

BACA JUGA:Usulan Pembangunan Jembatan Air Mumbang di Karya Jaya Tak Kunjung Ditindak Lanjuti, Begini Kondisinya Sekarang

Dikatakan Harmen, ada beberapa keuntungan yang akan dicapai oleh Puskesmas apa bila status BLUD ini sudah tercapai. Beberapa keuntungan yang didapatkan diantaranya kata Harmen, Puskesmas yang berstatus BLUD bisa mengelola keuangan secara mandiri.

"Selama ini kita masih bergantung ke dinas terkait. Dengan status BLUD nantinya, maka kita bisa mengelola keuangan secara mandiri. Artinya, beberapa keperluan atau kebijakan yang dibutuhkan oleh Puskesmas dalam upaya peningkatan mutu pelayanan nantinya sudah tidak bergantung lagi dengan dinas terkait," jelasnya.

Lebih jauh masih Harmen, perubahan status ke BLUD ini ditargetkan akan rampung di akhir tahun 2023 ini. Sementara, ini lanjut Harmen, beberapa proses untuk menuju BLUD itu tengah diupayakan oleh pihaknya.

"Pendampingan dari BPKP sudah kit ikuti. Saat ini kita sedang berusaha melengkapi beberapa dokumen pendukung lainnya. Kita targetkan tahun, ini selesai dan awal tahun depan status BLUD ini sudah bisa kita terapkan dalam mengelola dan meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas," demikian Harmen.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: