Manfaatkan Pekarangan Rumah, PKK Dorong Warga Bercocok Tanam

Manfaatkan Pekarangan Rumah, PKK Dorong Warga Bercocok Tanam

Gafur/RU.ID- Tanaman pekarangan wujud dukung program ketahanan pangan di Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID - Persoalan pangan menjadi masalah yang serius di daerah ini, selain beberapa harga pangan terus mengalami kenaikan. 

Ditambah lagi, dampak kemarau panjang pada fenomena El Nino menyebabkan masyarakat semakin menjerit.

Mengantisipasi itu, PKK Bersama Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara membentuk program Pekarangan Lestari.

Ketua TP PKK Bengkulu Utara, Ny Eko Kurnia Ningsih Mian mengatakan, peran perempuan didalam keluarga untuk bisa berbuat jangan hanya menjadi masyarakat yang konsumtif, melainkan harus produktif.

BACA JUGA:BNN Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA/Sederajat, Gaji Kisaran Rp5 juta-Rp10 juta, Begini Syaratnya

Pihaknya masyarakat maksudnya bertani dengan memanfaatkan pekarangan disekitar rumah. Bertani yang dimaksud menanam tanaman dan sayuran yang tujuannya adalah untuk memenuhi pangan setiap hari. 

"Seperti menanam cabai, tomat, dan sayur-sayuran lainnya perlu dikembangkan. Jika lahannya terbatas bisa memanfaatkan media tanam menggunakan pot atau polibag,"jelasnya.

Apalagi kata dia, model bertaninya memanfaatkan sistem ramah lingkungan. Proses menanamnya tidak memerlukan lahan yang luas, artinya lokasi yang sempit disekitar rumah bisa dilakukan.

"Bisa menggunakan polibag, karung bekas, paralon sistem Hidroponik dan memanfaatkan barang bekas hasilnya bisa menjadi solusi ketahanan pangan secara mandiri bagi masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Diberitahukan untuk KPM Bansos Beras dan Uang Tunai Rp200 Ribu Cair Hari Ini

Budaya produktif bisa diwujudkan, tentunya bisa menghemat pengeluaran dan bahkan bisa mwnjadi pendapatan jika tanaman tersebut menghasilkan dengan jumlah yang banyak.

"Misal mau masak kangkung tidak perlu lagi membeli kepasar, tinggal petik dipekarangan rumah. Kondisi ini akan menghemat dan uangnya bisa digunakan untuk keperluan lainnya,"terang Ny Mian.

Ny Mian mengharapkan, PKK dimasing-masing desa bisa menerapkan 10 Program pokok PKK, salah satunya adalah melaksanakan program Pekarangan Lestari.

Bila perlu, katanya ada juga yang  mengembangkan ternak di lingkungan seperti ternak ikan air tawar, dan ayam dan sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: