Zhongdong, Desa Unik dan Terpencil di Dalam Gua Cina, Terselip Diantara Perbukitan

Zhongdong, Desa Unik dan Terpencil di Dalam Gua Cina, Terselip Diantara Perbukitan

Zhongdong, Desa Unik dan Terpencil di Dalam Gua Cina, Terselip Diantara Perbukitan--

RADARUTARA.ID - Zhongdong merupakam sebuah desa di dalam gua raksasa di China, setidaknya ada 20 keluarga dengan total sekitar 100 orang yang tinggal disini dengan ruang berukuran selebar 115 meter.

Dengan tinggi lebih dari 48 meter serta kedalaman 230 meter yang berada di ketinggian hampir mencapai 2000 meter di atas permukaan laut.

Gua ini cuma bisa diakses dengan berjalan kaki secara mendaki dan jalan yang berkelok-kelok selama 1 jam perjalanan. Kehidupan warga Desa Zhongdong sangat terputus dengan daerah luar.

BACA JUGA:Gak Nyangka Ternyata Ini Asal Usul Ikan Mujair yang Menjadi Makanan Favorit Sejuta Umat

Karena kota terdekatnya saja membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari gua ini. Berdasaekan sejarah, l nenek moyang mereka dahulunya bukanlah penghuni asli dari gua ini.

Namun di tahun 1949 tepatnya menjelang akhir Perang Saudara di Negeri Bambu itu, orang-orang mulai masuk ke dalam gua kemudian membangun kehidupan di dalamnya.

Dengan tujuan awal hanya untuk bersembunyi dan mencari perlindungan yang aman dari musuh. Kebanyakan dari warga disini menggantungkan hidup mereka dengan cara berkebun dan berternak.

Namun, kebanyakan dari penduduk desa ini buta huruf mereka hidup secara sederhana dan sangat Mandiri.

BACA JUGA:Ditetapkan Sebagai Tersangka, Warga Kota Bani Pasok Sabu dari Sumatera Utara

Gua ini menyediakan air minum untuk manusia dan hewan, di dalamnya setiap rumah tangga mempunyai kolam kecil untuk mengumpulkan air.

Beberapa dekade terakhir listrik sudah masuk ke desa ini, saat seorang turis Amerika kebetulan mengunjungi gua tersebut ketika mendaki.

Turis itulah yang mensponsori pembangunan sekolah di dalam gua untuk anak-anak dari warga desa Zhongdong, sekolah sederhana dibangun di dalam gua dijadikan sebagai tempat sarana belajar anak-anak yang hanya beralaskan semen dengan deretan meja dan kursi yang ditata dengan rapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: