2 Pekan Ditutup, Kabarnya TikTok Shop Bakal Kembali Buka dengan Format Baru, Simak Penjelasannya

2 Pekan Ditutup, Kabarnya TikTok Shop Bakal Kembali Buka dengan Format Baru, Simak Penjelasannya

2 Pekan Ditutup, Kabarnya TikTok Shop Bakal Kembali Buka dengan Format Baru, Simak Penjelasannya--

RADARUTARA.ID- Pasca secara resmi ditutup pada tanggal 4 Oktober 2023 lalu, kabar terbaru mengatakan jika TikTok Shop bakal kembali dibuka dan akan hadir dengan formasi baru.

Hal ini seiring dengan adanya informasi mengenai pihak TikTok yang sebelumnya hanya mengantongi ijin Penyelenggaran Sistem Elektronik (PSE) yang artinya hanya terfokus sebagai media sosial, saat ini telah mengurus perizinan sebagai Marketplace, sesuai dengan syarat yang disampaikan pihak Kemendag. 

Dimana dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendag) 31/2023 yakni tentang fungsi marketplace sebagai penyedia sarana yang sebagian atau keseluruhan proses transaksi berada di dalam sistem elektronik.

BACA JUGA:Ahli Kejawen ini Ungkap Siapa Sosok Presiden RI 2024, Sifatnya Mirip Pandawa dan Wataknya Tak Jauh dari Jokowi

Yang artinya TikTok hanya bisa melakukan promosi atas produk yang ditawarkan, namun tidak melakukan transaksi dalam bentuk apapun.

Bahkan kabar mengenai akan kembali dibukanya TikTok Shop juga disampaikan oleh pihak TikTok, yang menyampaikan jika saat ini pihak TikTok tengah berupaya memenuhi semua persyaratan dari Pemerintah dan pihaknya akan menginfokan mengenai perkembangan lebih lanjut.

Maka dari itu, semua pengguna atau seller TikTok diminta untuk sabar dan tidak melakukan aktivitas yang mungkin melanggar.

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar Lengkap Pejabat Pemkab Bengkulu Utara yang Dimutasi

Selain berdampak pada seller, penutupan TikTok Shop juga berdampak kepada nasib para kurir, dimana bahkan dibeberapa tempat pemecatan terhadap para kurir juga sudah dilakukan.

Menanggapi banyaknya pertanyaan dari masyarakat mengenai dibukanya kembali TikTok Shop, pihak Kemendag melalui Wamendag Jerry Sambuaga memberikan jawaban yang menggantung mengenai rencana tersebut dan menambah penasaran publik.

"TikTok harus ikuti sayarat yang diajukan oleh pemerintah," ungkapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: