Benarkah Gaji Rendah Bisa Sebabkan Otak Jadi cepat Tua? Cek Faktanya

Benarkah Gaji Rendah Bisa Sebabkan Otak Jadi cepat Tua? Cek Faktanya

Benarkah Gaji Rendah Bisa Sebabkan Otak Jadi cepat Tua? Cek Faktanya --

RADARUTARA.ID - Mendapatkan Gaji yang rendah dan tidak sesuai dengan beban pekerjaan yang ditanggung tentunya adalah masalah yang paling banyak dialami oleh para pekerja yang ada di Indonesia.

Tentunya hal ini juga bisa menyebabkan ketidakpuasan sebagai seorang karyawan dan menurunkan semangat kerja.

Memiliki gaji yang rendah dan dibawah standar tentunya tidak hanya bisa berbahaya bagi dompet, namun dari studi yang baru-baru ini dilakukan.

Bahaya lain yang bisa disebabkan jika memiliki gaji yang rendah adalah menyebabkan penurunan memori yang lebih cepat. Kok bisa?

BACA JUGA:Cerita Andika Soal Pemecatan Dirinya dari Band Peterpan Buat Ariel Noah Gerah, Ternyata Begini Kronologisnya

Dari penelitian yang dilakukan oleh Columbia University Mailman School of Public Health, yang fokus meneliti terkait apakah gaji kecil berpengaruh dengan otak.

Hasilnya dari penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa orang yang berpenghasilan rendah jauh lebih cepat tua dibandingkan dengan orang memiliki gaji besar. Secara spesifik, otak mereka menua lebih cepat setahun selama periode 10 tahun. 

Orang yang memiliki gaji rendah lebih berisiko mengalami hipertensi, stres atau depresi, yang pada akhirnya akan menurunkan kognitif.

Selain itu, para peneliti juga mencatat bahwa dampak buruk gaji rendah pada kognitif tetap benar meski sudah disesuaikan dengan berbagai faktor, seperti usia, jenis kelamin, ras, hingga status pensiun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: