Ciri-ciri Doamu Dikabulkan Oleh Allah SWT, Begini Kata Ulama

Ciri-ciri Doamu Dikabulkan Oleh Allah SWT, Begini Kata Ulama

Ciri-Ciri Doamu Dikabulkan Oleh Allah SWT. Begini Kata Ulama.--

RADARUTARA.ID - Sebagaimana disebutkan di dalam Alquran surah al-Gafir ayat 60 bahwasannya setiap doa akan didengarkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala sangat menyukai orang yang berdoa serta meminta kepadaNya.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina."

BACA JUGA:5 Koin Rupiah Terbitan Bank Indonesia Ini Mengandung Emas, Ada yang Beratnya Mencapai 50 Gram

Dalam Alquran surah al-baqarah ayat 186 juga disebutkan hal demikian:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya: Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Menurut imam an-nawawi yang dikutip dalam kitab Al-Adzkar, alasannya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Tidak ada seorang muslim pun di dunia ini yang berdoa kepada Allah dengan suatu permohonan, kecuali Allah akan memberikan permohonan itu atau menggantinya dengan perlindungan dari sesuatu yang tidak diinginkan, selama dia tidak berdoa dengan dosa atau memutuskan hubungan silaturahmi." Seorang pria bertanya, 'Apakah artinya kita harus semakin banyak berdoa?' Rasulullah SAW menjawab, 'Allah justru lebih banyak memberi.' (HR Tirmidzi)

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat, Baca Doa Ini Setelah Menerima Uang, Jika Ingin Rezeki Berlipat Ganda

Sa`id Ibn al-Musayyab dalam Dar Al-Ifta Al-Misriyyah menjelaskan salah satu tanda ketika amalan dan doa kita diterima oleh Allah adalah salah satunya terlihat saat muslim senantiasa melakukan ketaatan setelah ketaatan lainnya.

Contohnya ketika seseorang melaksanakan salat zuhur, kemudian setelah itu ia melanjutkan menunaikan salat ashar titik-titik maka tandanya salat zuhur yang ia kerjakan diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Tanda lainnya ketika doa kita dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala adalah ketika kita senantiasa berhusnudzon terhadap Allah subhanahu wa ta'ala. Seperti yang terjelas di dalam sebuah hadis yang berbunyi, "Aku seperti yang prasangka hamba-Ku," (HR Muttafaq'alaih)

BACA JUGA:Dijuluki KW-nya Pantai Tanah Lot Bali, Ini Pesona Pantai Manula di Kaur Bengkulu

Menurut Syaikh Abdullah Hajjaj menyebutkan dalam sebuah bukunya yang berjudul hidup berkah dengan doa, ada beberapa tanda seseorang doanya dikabulkan di antaranya:

1. Semakin merasa takut pada Allah SWT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: