Bacaan Sholawat Jibril Serta Manfaat Jika Rutin Mengamalkannya

Bacaan Sholawat Jibril Serta Manfaat Jika Rutin Mengamalkannya

Bacaan Sholawat Jibril Serta Manfaat Jika Rutin Mengamalkannya.--

RADARUTARA.ID - Sholawat merupakan doa dan puji-pujian kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Dengan bersholawat tentunya kita mengharapkan pahala serta keberkahannya.

Salah satu sholawat yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu sholawat Jibril yang ditujukan kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Seorang muslim yang senang melaksanakan sholawat Maka sangat dicintai oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Bahkan dalam Alquran surah al-ahzab ayat 56 dijelaskan di sana bahwasanya malaikat pun bahkan melakukan sholawat kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. 

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Bagikan 4 Surah Pendek Pelunas Hutang, Mau Setinggi Gunungpun Insya Allah Bisa Lunas

Seorang muslim yang senantiasa mengucapkan sholawat akan mendapatkan kebaikan yang luar biasa bagi dirinya. Sholawat Jibril merupakan sholawat yang pertama kali diucapkan oleh malaikat Jibril.

Adapun makna dari sholawat ini adalah untuk memohon doa agar dilimpahkan segala rahmat dan kasih sayang nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Dalam salah satu hadis riwayat Muslim dijelaskan bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku satu kali, maka Allah dan malaikat akan membaca sholawat kepadanya sebagaimana banyaknya sholawatnya kepadaku."

BACA JUGA:Ajarkan Anak Membaca Surah Ini Sejak Dini! Kata Ustadz Adi Hidayat, Pahalanya Akan Mengalir Seumur Hidup

Berikut ini adalah bacaan dari sholawat Jibril:

1. Bacaan sholawat Jibril pendek

Kamu bisa mengamalkan bacaan shalawat Jibril yang pendek berikut ini adalah contohnya:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shalallaahu 'ala Muhammad

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: