Jelang Pemilu 2024, Dukcapil Gencar Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Jelang Pemilu 2024, Dukcapil Gencar Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Gafur/RU.ID- Penyerahan e-KTP kepada warga oleh Kadis Dukcapil Bengkulu Utara--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara tengah gencar menyisir masyarakat dan pemilih pemula yang belum memiliki KTP untuk dilakukan perekaman.

Menurut catatan KPU Bengkulu Utara, setidaknya ada 5.700 data pemilih pemula yang akan mengikuti pemilihan umum legislatif dan pilpres pada tahun 2024 mendatang.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bengkulu Utara, Suwanto SH, M.Ap kepada media ini menjelaskan, hingga saat ini Dukcapil telah melakukan perekaman di 19 kecamatan se-Bengkulu Utara.

Dimana program jemput bola ini memberikan peningkatan yang cukup signifikan untuk data penduduk yang sudah tercatat di adminduk.

BACA JUGA:Tunggu Pemilik Pulang, 4 Remaja Tanggung Kuras Isi Kolam Warga Tambak Rejo

BACA JUGA:Terpilih Aklamasi, Ramadiandri Resmi jadi Ketua PC GP Ansor Bengkulu Utara Masa Khidmat 2023-2027

Program dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara tersebut tidak hanya menyasar pada pemilih pemula yang akan mendapatkan KTP, Wanto mengaku ada beberapa masyarakat seperti warga disabilitas, lansia yang tidak bisa melakukan perekaman dikantor Dukcapil.

"Kita roadsow ke beberapa tempat seperti kantor desa dan sekolah-sekolah, kita layani masyarakat secara gratis agar mendapatkan KTP," ujarnya.

Disinggung kapan terakhir dilakukan perekaman e-KTP gratis ini, pihaknya menyampaikan bahwa setiap masyarakat Bengkulu Utara berhak mendapatkan KTP. Bagi Pemilih Pemula sebelum menyerahkan hak suaranya, pelajar yang memasuki usia 17 tahun bisa melakukan perekaman.

"Kita layani semua, tidak hanya pelajar saja, bagi masyarakat yang tidak bisa ke kantor akan kita datangi untuk dilakukan perekaman. Karena e-KTP salah satu dokumen syarat pengurusan BPJS kesehatan," terangnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: