Gus Baha Ungkap Ibadah Paling Afdol yang Gampang Diamalkan, Cukup Lakukan 1 Hal Simpel Ini

Gus Baha Ungkap Ibadah Paling Afdol yang Gampang Diamalkan, Cukup Lakukan 1 Hal Simpel Ini

Gus Baha Ungkap Ibadah Paling Afdol yang Gampang Diamalkan, Cukup Lakukan 1 Hal Simpel Ini--

RADARUTARA.ID - Gus Baha merupakan seorang ulama yang pernah berguru dengan KH Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen.

Gus Baha sering membagikan nasehatnya kepada banyak orang.

Dalam salah satu tausiahnya, Gus Baha mengungkapkan bentuk ibadah yang paling afdol berdasarkan riwayat Nabi Muhammad SAW.

"Ibadah apa yang paling afdol? Nabi Muhammad menjawab shalat di awal waktu. Terkadang ada lagi yang bertanya, wahai Rasulullah, ibadah apa yang paling afdol? Berbakti kepada kedua orang tuamu," terangnya.

"Kadang dijawab membayar utang, ya karena wajah orang yang bertanya itu berbeda-beda, kasusnya juga seperti itu. Ada orang yang jika shalat itu rajin sekali, tetapi tidak mau membayar hutang," lanjutnya.

BACA JUGA:5 Suku Terkejam di Dunia yang Masih Hidup Hingga Saat ini, Ternyata di Indonesia Juga Ada

Lalu, Gus Baha memberikan contoh lain tentang ibadah paling afdol yang bisa dilakukan.

Ia memberi contoh seseorang yang betah berada di masjid tetapi tidak betah ketika bersama ibunya.

"Ada orang yang merasa nyaman ketika Itikaf di masjid dan bertemu dengan ibunya selama 10 menit. Mereka merasa tidak nyaman karena di masjid tidak banyak bicara sedangkan ibunya cerewet," ucapnya.

"Lebih kuat mana kamu bersama ibumu 1 jam atau di masjid 1 jam? Ibu yang sudah tua, loh! Ya betah di masjid, jangan-jangan kamu betah iktikaf di masjid karena masjid tidak cerewet, namun ibumu?" ucap Gus Baha.

BACA JUGA:Butuh Dana Rp1 Juta Tapi Malu Mau Pinjam Besti, di GoPay Pinjam Aja, Tanpa Ribet, 30 Menit Langsung Cair

Lalu Gus Baha  mengingatkan jika restu dan ridho orang tua sangatlah penting. Karena, ridho Allah tergantung pada ridho  orang tua.

"Jadi apakah ridho Allah bergantung pada ridho masjid? Tentu tidak,yang ada ridho Allah itu tergantung pada ridho orang tua," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: