Cek Sekarang, Bansos Uang Tunai Rp500 Ribu Siap Masuk Rekening, Begini Cara Ceknya

Cek Sekarang, Bansos Uang Tunai Rp500 Ribu Siap Masuk Rekening, Begini Cara Ceknya

Cek Sekarang, Bansos Uang Tunai Rp500 Ribu Siap Masuk Rekening, Begini Cara Ceknya--

RADARUTARA.ID - Pemerintah telah menyiapkan Bantuan Sosial Uang Tunai dengan harapan bisa meningkatkan daya beli dan menjadi daya ungkit efektif terhadap roda perekonomian, terutama di tahun 2023.

Bansos Uang Tunai disalurkan kepada 9 juta peserta Program Sembako (BPNT) yang tidak menerima PKH, dengan uang tunai senilai Rp500 ribu/KPM dalam sekali penyaluran.

Yang nantinya, Bansos Uang Tunai akan disalurkan melalui Himbara, terutama untuk KPM yang telah mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS. Penyaluran ini juga dilakukan melalui Kantor Pos selain juga penyaluran langsung.

Bantuan tersebut ditargetkan untuk keluarga yang termasuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan sebesar Rp 500.000 tersebut adalah tambahan satu kali transfer bagi keluarga penerima kartu BNPT.

BACA JUGA:Cara Cek Bansos Agustus 2023, Siapa Tahu Anda Terdaftar Penerima Bansos PKH dan BPNT

Lalu bagaimana cara mengecek nama kamu yang termasuk penerima BST atau bukan?

Data yang wajib dipersiapkan yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada KTP. Dengan caa memasukkan NIK, akan diketahui apakah kamu sudah terdaftar sebagai penerima BST atau belum.

Semua masyarakat bisa mengecek tentang bantuan tersebut di laman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id. Ketima melakukan pengecekan melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id, maka akan muncul tampilan seperti "Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST)". 

Kemudian gunakan salah satu alternatif yang tersedia yaitu, nomor identitas yang terdaftar dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, ataupun Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

BACA JUGA:Buruknya Kualitas Udara Indonesia, Hingga Masuk 6 Negara Paling Berkontribusi Polusi Udara Global

Sesudah memilih identitas yang akan digunakan, di kolom kedua nomor identitas DTKS/Basis Data Terpadu (BDT). Kemudian, di kolom tiga ada nama anggota rumah tangga (ART).

Nah di kolom ini, pengguna diminta untuk menuliskan nama siapa saja yang tinggal dan makan di rumah tangga, mau itu orang dewasa, anak-anak, ataupun bayi. 

Ketiklah nama sesuai dengan identitas atau KTP. Lalu, memasukkan kode captcha sesuai dengan karakter huruf yang muncul pada layar di bawah kolom. Kemudian, klik tombol "Cari".

Lalu, sistem aplikasi penerima BST akan memproses data yang sudah dimasukkan dan akan mengeluarkan informasi apakah identitas yang dimasukan tadi sudah terdaftar sebagai penerima BLT Rp 500.000 atau belum.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: