Bolehkah Sholat Tahajud Tanpa Harus Tidur Dulu? Begini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

Bolehkah Sholat Tahajud Tanpa Harus Tidur Dulu? Begini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

Bolehkah Sholat Tahajud Tanpa Harus Tidur Dulu? Begini Penjelasan Ustad Adi Hidayat--

RADARUTARA.ID- Apakah kita boleh melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu? Sebagian besar orang masih bingung terkait jawaban atas pertanyaan di atas. Karena sebagian umat Islam memilih untuk tidak tidur supaya tidak terlewat mengerjakan sholat tahajud

Sholat tahajud sendiri adalah salah satu ibadah sunah yang mempunyai banyak keutamaan di dalam ajaran Islam. Dan Sholat Tahajud menjadi ibadah istimewa, karena memiliki banyak manfaat yang akan didapat oleh siapa saja yang melaksanakannya. 

Namun demikian, sholat tahajud harus dikerjakan pada malam hari sehingga sebagian besar orang lebih memilih tidur dari pada melaksanakannya. 

Lalu, boleh tidak sih sebenarnya sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu? Mari simak penjelasannya berikut.

BACA JUGA:Baru Tahu! Ternyata ini Waktu Paling Mustajab untuk Mengerjakan Sholat Tahajud, Catat Jamnya

Dilansir dari kanal YouTube Audio Dakwah, Ustad Adi Hidayat, menjelaskan secara utuh terkait pertanyaan di atas. Menurut Ustad Adi Hidayat, sholat tahajud harus didahului dengan tidur. Ini, dikarenakan berhubungan dengan hukum, sehingga tidak bisa ditawar. 

"Kalau hukum tidak bisa ditawar ya, kalo tahajud itu diawali dengan tidur, jadi Anda tidur dulu, adapun maknanya berasal dari kata hajada artinya tidur baru bangun," jelas Ustad Adi Hidayat. 

Lanjut penceramah yang akrab dipanggil UAH, ini mengungkapkan bahwa, waktu bangun tidur untuk sholat tahajud. Jika sudah tidur dan berniat ingin menunaikan sholat tahajud, maka waktu bangun tak harus pukul 1 atau 2 pagi.

"Tak harus dijam 1 atau 2, namun jam berapapun bangun bisa melaksanakan sholat tahajud, jadi artinya sebaiknya tidur terlebih dahulu," jelas UAH.

Lantas bagaimana jika seseorang yang berniat tahajud namun sulit untuk bangun tidur? UAH menerangkan, lebih baik melaksanakan sholat qiyamul lail, yaitu 4 rakaat setelah sholat Isya. 

"Jika memang sulit untuk bangun disepertiga malam, kamu cukup melaksanakan sholat sunnah 4 rakaat atau setidaknya 2 rakat dan dilanjutkan witir 1 rakat, lalu bisa lanjutkan tidurnya," lanjutnya.

BACA JUGA:Jadi Rindu Masa Lalu! Berikut ini Potret lucu SMS di HP Jadul, Kata-katanya Bikin Ngakak

Apa bila umat Islam tiba-tiba malam hari bangun setelah mengerjakan sholat qiyamul lail, maka tetap diperbolehkan untuk sholat tahajud lagi. 

"Jika kamu terbangun di malam hari setelah melaksanakan sholat sunnah, kamu tetap boleh melaksanakan Sholat Tahajud," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: