Misteri Saranjana, Kota Ghaib di Kalimantan Selatan yang Terkenal Turun Menurun

Misteri Saranjana, Kota Ghaib di Kalimantan Selatan yang Terkenal Turun Menurun

Misteri Saranjana, Kota Ghaib di Kalimantan Selatan--

RADARUTARA.ID- Dengar nama Saranjana, apa yang terpikir dalam pikiranmu? Belakangan ini, nama kota Saranjana menjadi viral di media sosial. Bicara mengenai Saranjana, orang Banjar dan warga pendatang di Kalimantan menjadi sering membahasnya.

Ada apa dengan kota ini dan mengapa kisahnya terus diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya?

Baru-baru ini, sebuah foto seorang perempuan sedang berpose di atas bukit di malam hari menghebohkan dunia maya. Ternyata, di latar belakangnya terlihat gedung pencakar langit. Begitu juga, musisi Ari Lasso menggelar tur konser di Kalimantan yang menurutnya banyak penontonnya, namun ternyata tidak begitu banyak.

BACA JUGA:Ibu di Jambi Meninggal Dunia Saat Lomba Balap Karung HUT RI ke-78

Gusti Gina, seorang konten kreator asal Banjar yang sudah merantau ke Jakarta selama 5 tahun, merasa penasaran dan menjelajahi Desa Oka-Oka di Kalimantan Selatan akhir tahun 2022.

Berawal dari latar belakangnya yang sudah terbiasa dengan berbagai cerita rakyat, legenda, dan misteri dari tanah kelahirannya, Gusti Gina memutuskan untuk mengeksplorasi cerita-cerita tersebut.

Setelah berbagai pengalaman, termasuk mengalami rumah angker dengan kamar sakral berkelambu kuning, Gusti Gina akhirnya menerbitkan buku berjudul "Saranjana" yang menceritakan tentang kota gaib tersebut. Buku ini akan dibuka untuk prapesan dalam waktu dekat.

Dalam wawancaranya dengan detikcom, Gusti Gina menjelaskan bahwa Saranjana adalah kota gaib di Kalimantan yang konon dihuni oleh jin muslim. Dia merangkum cerita dokumenter perjalanannya berdasarkan cerita-cerita dari warga lokal yang berhubungan dengan Saranjana.

BACA JUGA:Awas, Mahasiswa Baru Lulus Jangan Terjebak Pinjol, Bisa Sebabkan Sulit Mencari Kerja

Bahkan ada yang mengaku melihat, berpindah, atau berinteraksi dengan kota tersebut, bahkan sampai ada yang mengaku pernah pergi ke sana dan kembali dengan keadaan pikiran terganggu.

Saranjana digambarkan sebagai kota maju dengan gedung pencakar langit dan banyak mobil, mirip dengan Jakarta. Cerita ini sudah berlangsung turun temurun dan tidak hanya sebagai mitos atau misteri semata. Bahkan, beberapa sejarawan secara ilmiah mengatakan bahwa Saranjana memiliki landasan riset dan peta dari masa lalu.

Gusti Gina juga telah membagikan cerita tentang Saranjana di kanal YouTube-nya yang mendapatkan banyak apresiasi dan penonton. Kisah ini kemudian dijadikan buku untuk menjangkau lebih banyak pecinta misteri.

Gusti Gina juga mengungkapkan bahwa di Desa Oka-Oka terdapat titik koordinat yang dianggap sebagai perbatasan antara dunia manusia dan alam Saranjana. Meskipun ada jejak kehidupan di sana, seperti bekas bangunan atau peninggalan bersejarah, namun hingga saat ini masih belum ditemukan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: