Pernah Makan Daging Babi dan Minum Haram, Kata Buya Yahya Ini Cara Membersihkannya dari Tubuh

Pernah Makan Daging Babi dan Minum Haram, Kata Buya Yahya Ini Cara Membersihkannya dari Tubuh

Pernah Makan Daging Babi dan Minum Haram, Kata Buya Yahya Ini Cara Membersihkannya dari Tubuh--

RADARUTARA.ID - Terkadang masa muda dan masa kecil seorang muslim tidaklah semulus saat pikirannya telah terbuka dan mengetahui mana yang boleh dimakan dan mana yang tidak boleh dimakan. Bahkan, terkadang masa bodoh, yang penting enak dimakan dan mengabaikan apakah yang dimakan itu sesuatu yang haram atau tidak.

Hanya saja, setelah mengalami berbagai jalan panjang dalam hidupnya, seseorang kemudian seringkali kepikiran, bagaimana caranya membersihkan makanan atau minuman haram yang telah dimakan dan mendarah daging dalam tubuhnya.

Sebagaimana disampaikan Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat 3

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ

Yang artinya: "Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala."

BACA JUGA:Mbah Moen Beri Amalan Dzikir Penyembuh Segala Penyakit, Coba Amalkan dan Rasakan Khasiatnya

Hal inilah yang seringkali dilakukan oleh seorang muslim yang pada masa lalunya memakan atau meminum barang haram.

Pertanyaan mengenai hal ini dilontarkan oleh salah satu jamaah Buya Yahya yang ditayangkan dalam channel Youtube Al-Bahjah TV.

"Assalamu'alaikum, Buya. Saya hamba Allah dari Magelang izin bertanya. Bagaimana hukumnya manusia yang dulunya, di masa lalunya pernah memakan makanan yang haram. Dan dia ingin bertaubat. Namun Ia masih kepikiran dengan masa lalunya yang pernah makan dan minum haram.  Bahkan kini sudah mendarah daging dalam tubuhnya. Bagaimana cara manusia itu ingin membersihkan semua yang sudah menjadi darah daging itu, Buya?"

Dalam tayangan yang diunggah 2 tahun lalu ini, Buya Yahya lantas memberikan jawaban untuk membuat jamaahnya senantiasa istiqomah dalam menjalani keislaman dan ketaubatan.

BACA JUGA:Habib Luthfi Bocorkan 4 Jenis Tirakat yang Bisa Dilakukan Orang Tua Agar Anaknya Sukses

"Keharaman-keharaman itu kan sifatnya makna," ungkap Buya Yahya mengawali pemberian jawaban.

"Makan daging kambing curian, makan ayam curian. Kambingnya ya jadi kambing haram. Artinya, dosa-dosa semacam itu, kalau sudah bertaubat ya sudah. Allah mengampuninya," ungkapnya.

"Atau misalnya makan bangkai, makan daging babi atau hal-hal haram lainnya. Kalau sudah bertaubat, sudah dihapuskan dosa-dosanya," lanjut Buya Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: