Suroan, Masyarakat Kelurahan Kemumu Gelar Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

Suroan, Masyarakat Kelurahan Kemumu Gelar Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

Jadwal pagelaran Wayang Kulit di Kelurahan Kemumu--

ARMA JAYA, RADARUTARA.ID - Dalam rangka menyelenggarakan tradisi bersih desa di bulan suro (Muharram 1445 H) serta dirangkai dengan memeriahkan peringatan HUT RI Ke 78, Pemerintah Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, akan menggelar pertunjukan Wayang Kulit Semalam Suntuk, Sabtu (5/8/2023).

Pagelaran Wayang Kulit yang dilaksanakan disetiap tahunnya tersebut menampilkan Dalang kondang Ki. Sularno dari Kecamatan Giri Mulya.

Lurah Kemumu, Suwanto mengatakan, kegiatan  suroan atau peringatan Tahun Baru Islam bertujuan untuk mendapatkan berkah dan menangkal marabahaya serta berharap keselamatan untuk masyarakat Kelurahan Kemumu.

"Untuk tempat prosesi pagelaran wayang kulit kita gelar di Balai Kelurahan, insyaallah acara tersebut dilaksanakan besok Sabtu, 5 Agustus 2023,"ucapnya.

BACA JUGA:Sempat Kabur, Oknum Kades yang Digrebek Saat Main Judi Akhirnya Menyerahkan Diri

Suwanto juga menjelaskan terkait Tradisi diwilayah kerjanya, merupakan salah satu budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat suku Jawa, termasuk Kelurahan Kemumu yang mayoritas penduduknya adalah suku Jawa.

Tradisi ini tidak hanya pagelaran wayang kulit saja, Suwanto mengatakan, rangkaiannya ada beberapa kegiatan, diantaranya Istigosah, Syukuran dan perlombaan.

"Semoga acara tersebut berjalan dengan lancar, tidak ada halangan suatu apapun dan masyarakat kami senantiasa aman dan tentram," demikian lurah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: