Keutamaan Surat Al-Ikhlas, Pahalanya Seperti Membaca Sepertiga Al Quran, Begini Penjelasan Buya Yahya

Keutamaan Surat Al-Ikhlas, Pahalanya Seperti Membaca Sepertiga Al Quran, Begini Penjelasan Buya Yahya

Keutamaan Surat Al-Ikhlas, Pahalanya Seperti Membaca Sepertiga Al Quran. Begini Penjelasan Buya Yahya--

RADARUTARA.ID - Al-Quran merupakan kalamullah yang diwahyukan kepada nabi Muhammad, dan setiap kita membacanya akan mendapatkan pahala. Tidak hanya itu membaca Alquran dari masing-masing surat memiliki keutamaannya masing-masing.

Seperti yang disampaikan oleh Buya Yahya yaitu mengenai keutamaan surah al-ikhlas, surah yang tergolong cukup pendek dengan ayat yang mudah kita hafal. Ternyata memiliki keutamaan yang luar biasa jika kita amalkan.

Oleh sebab itu jangan kita sia-siakan amalan tersebut, sebab nilai pahala dan keutamaan yang kita peroleh nantinya. Berikut penjelasan Buya Yahya tentang keutamaan membaca surah al-ikhlas.

Dalam menjelaskan keutamaan surah al-ikhlas, Buya Yahya menceritakan tentang sebuah peristiwa yang terjadi pada zaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. 

BACA JUGA:Niat Mandi Wajib Bagi Perempuan Selesai Haid, Nifas dan Setelah Melahirkan Beserta Urutannya

Pada suatu hari nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada para sahabatnya, tentang barangsiapa yang mampu membaca sepertiga Alquran dalam suatu malam.

Dan tetapi tawaran tersebut bagi sebagian sahabat terasa sangat berat untuk diamalkan. Bahkan dalam dua minggu akan muncul dua orang saja yang mampu mengamalkannya. Sebab sepertiga Alquran tersebut setara dengan 10 juz.

Lalu kemudian nabi Muhammad menjawab bahwasanya mereka mampu dan bisa mengamalkannya. Sembari beliau mengajak untuk membaca surah al-ikhlas karena itu setara dengan sepertiga Alquran.

Karena salah satu keutamaan surah al-ikhlas adalah apabila kita membaca surat tersebut maka kita setara membaca 10 juz atau sepertiga dari Alquran.

BACA JUGA:Terbaik! Advan WorkPlus, Laptop Sakti Processor Mantap Cuma 6 Jutaan

Dalam riwayat lain Buya Yahya mengisahkan tentang seseorang yang mendengar orang lain membaca surah al-ikhlas, semalaman serta diulang-ulang terus-menerus.

Yang kemudian pada esok harinya orang tersebut kemudian mengadukan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, serta menceritakan segala yang ia dengarkan kepada Rasulullah. Karena orang tersebut heran kenapa hanya surah al-ikhlas saja yang dibaca sementara masih ada surah lain di dalam Alquran.

Ternyata nabi Muhammad pun tidak melarang ataupun menyalahkan amalan membaca al-ikhlas tersebut, bahkan justru beliau mengungkapkan bahwa keutamaan surah al-ikhlas adalah setara dengan membaca sepertiga Alquran.

Kemudian oleh Buya Yahya dirangkum bahwasanya, keutamaan dari membaca surah al-ikhlas secara berulang-ulang dalam suatu malam itu, pahalanya setara dengan membaca dari sepertiga Alquran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: