Mengenal Warok Suromenggolo, Ksatria Raja Ponorogo yang Sakti Mandraguna

Mengenal Warok Suromenggolo, Ksatria Raja Ponorogo yang Sakti Mandraguna

Mengenal Warok Suromenggolo, Kesatria Raja Ponorogo yang Sakti Mandraguna--

RADARUTARA.ID - Warok merupakan tokoh masyarakat dan tokoh seni di Ponorogo yang mempunyai sifat kesatria, berbudi pekerti luhur, serta mempunyai wibawa yang tinggi di kalangan masyarakat.

Warok juga mempunyai peranan penting dalam kesenian, kebudayaan, sosial, hingga politik di Ponorogo. Warok adalab sebutan lelaki yang mempunyai ilmu kebatinan dan kekebalan diri yang tinggi.

Umumnya, Warok menjadi pemimpin atau penari utama pada kesenian Reog Ponorogo. Mengenal Warok Suromenggolo, Kesatria Raja Ponorogo yang Sakti Mandraguna

Salah satu warok yang populer yakni Warok Suromenggolo.

BACA JUGA:Asal Usul Nama Kota Ponorogo, Awal Kehancuran Kerajaan Majapahit

Awalnya, Suromenggolo merupakan pengikut dari Ki Ageng Kutu, namun kemudian memilih menjadi pengawal dari Bathara Katong.

1. Berikut ini Biografi Singkat dari Warok Suromenggolo

Warok Suromenggolo merupakan salah satu warok yang populer akan kesaktiannya dan sifatnya yang ksatria. Ia mempunyai nama asli Suryolono serta merupakan anak dari Ki Ageng Kutu, atau penguasa Wengker Ponorogo.

Ia juga mempunyai dua pusaka sakti, yakni kolor yang dapat membunuh lawan dan Luyung Bang hingga bisa menghidupkan orang mati.

Warok Suromenggolo pernah membantu Adipati Trenggalek untuk memberantas para perampok dan penjahat yang meresahkan masyarakat.

Dirinya juga pernah menjadi Demang Kertosari serta pengawal pribadi Raden Bathara Katong, adipati Ponorogo.

Warok Suromenggolo mempunyai seorang anak perempuan yang bernama Roro Warsiyani atau biasa dipanggil Cempluk, yang menikah dengan Raden Subroto, putra dari Adipati Trenggalek.

BACA JUGA:3 Suku Asli di Indonesia Memiliki Mata Biru Bak Bidadari dari Khayangan

2. Makna Kostum Warok Ponorogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: