Aogashima, Kota di Tengah Gunung Berapi Aktif Paling Terisolasi di Dunia

Aogashima, Kota di Tengah Gunung Berapi Aktif Paling Terisolasi di Dunia

Aogashima, Kota di Tengah Gunung Berapi Aktif Paling Terisolasi di Dunia--

RADARUTARA.ID - Terletak 240 mil dari Tokyo, dan dikelilingi oleh perairan Laut Filipina terletak Aogashima, sebuah pulau vulkanik milik kepulauan Jepang Izu yang merupakan rumah bagi 200 orang yang tinggal di dalam gunung berapi aktif.

Pulau ini berasal dari fragmen vulkanik empat kaldera bawah laut dengan permukaan sekitar 5,5 mil. Perimeternya terdiri dari kaldera besar yang disebut Ikenosawa yang berukuran diameter 1 mil. Di dalamnya, terdapat Maruyama, kerucut vulkanik yang tingginya lebih kecil dari 200 meter, dan dianggap masih aktif.

Letusan besar terakhir gunung berapi ini tercatat sekitar 1781-1785, menghancurkan setengah populasi yang membutuhkan waktu hampir 50 tahun untuk pulih sepenuhnya sebelum beberapa penduduk yang berani kembali untuk tinggal di pulau yang indah ini.

Saat ini, meskipun aktivitas gunung berapi masih ada, penduduk Aogashima menjalani kehidupan yang tenang, tanpa rasa takut. Mereka mengambil keuntungan dari manfaat panas dari gunung berapi yang bertindak sebagai sumber air panas dan sauna alami menjadikannya pulau surga.

Pilar ekonomi Aogashima adalah perikanan, pertanian, dan yang lebih penting, produksi garam. Pulau ini masih sangat liar hari ini, dengan pusat kota kecil naik secara eksklusif di luar gunung berapi dengan wisatawan yang datang setiap tahun untuk memberikan sebagian kecil dari pendapatan musiman.

Kurangnya pelabuhan alami membuat pulau ini sulit diakses, sehingga Aogashima hanya dapat dicapai dengan feri ketika kondisi laut memungkinkan, atau dengan helikopter dari pulau Hachijojima di dekatnya, yang dihubungkan oleh penerbangan harian ke Tokyo.


Sudut Aogashima--

Aogoshima adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di wilayah selatan Jepang. Ini adalah pulau yang berpenghuni paling selatan dan paling terisolasi, yang secara politik dan administratif merupakan bagian dari Jepang. Tetapi secara geografis bukan bagian dari kepulauan Jepang. 

Pulau ini berbatasan dengan laut Filipina timur laut dan terletak tepat di utara Kepulauan Bonem yang juga diperintah oleh Jepang. 

Pulau Aogashima berjarak sekitar 358 kilometer selatan Tokyo yang merupakan ibukota Jepang.

Aogashima tentu sangat menarik perhatian dunia sebab di atas gunung berapi aktif yang membentuk sebuah pulau besar ini terdapat kehidupan dan pemukiman manusia. Mereka telah hidup selama bertahun-tahun diatasnya.

Pulau ini merupakan kaldera, yaitu lubang besar yang terbentuk setelah letusan vulkanik. Lantaran telah lama meletus, kini kawah bagian dalamnya telah tersamarkan oleh tanaman hijau yang subur.

Kota kecil yang sepi ini benar-benar berbeda jauh dengan hiruk pikuk kehidupan kota.


Pelabuhan di Aogashima--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: