Kharomah Luar Biasa yang Dimiliki Gus Baha Membuat Mbah Maimun Tercengang. : Gus Baha Benar-benar Cerdas

Kharomah Luar Biasa yang Dimiliki Gus Baha Membuat Mbah Maimun Tercengang. : Gus Baha Benar-benar Cerdas

Kharomah Luar Biasa Yang Dimiliki Gus Baha Membuat Mbah Maumun Tercengang. "Gus Baha Benar-Benar Cerdas"--

RADARUTARA.ID - Beberapa orang percaya bahwa KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha memiliki beberapa Kharomah.

Gus Baha dikenal sebagai seorang ulama yang sangat sederhana, santun dan karismatik. Hal inilah yang membuat banyak orang yang percaya bahwa Gus Baha memiliki karomah sebagaimana para wali Allah yang lainnya.

Gus Baha dipercaya memiliki Kharomah melalui mata batinnya. Salah satu Kharomah Gus Baha yang paling populer adalah ketika beliau mengunjungi makam Mbah Kholil Bangkalan, Madura.

Gus Baha merupakan anak dari Kiai Nursalim, pengasuh pondok pesantren Al-Qur'an di Kragan, Narukan Rembang. Ayah Gus Baha adalah murid Kyai Arwani Kudus dan Kyai Abdullah Salam Kajen Pati. Yang merupakan ulama besar Al-Quran kebanggaan bangsa Indonesia. 

BACA JUGA:Selain Bisa Kalahkan Sihir, Fadilah Surat Al-Fatihah Juga Bisa Membuat Pembacanya Mendapatkan Keistimewaan Ini

Karomah Perwalian Gus Baha  tidak terlepas dari didikan ayahnya sejak kecil. Gus Baha kecil memulai pendidikan ilmiah dan menghafal Al-Qur'an dibawah didikan ayahnya sendiri. Sejak usia sangat muda, Gus Baha disebut-sebut telah menyelesaikan Al-Qur'an dan Qiroahnya dengan lisensi super ketat dari sang ayah.

Ketika Gus Baha beranjak remaja, sang ayah menitipkan putra kesayangannya untuk belajar pada KH Maimun Zubair atau lebih akrab disapa Mbah Maimun di Pesantren Al Anwar Sarang Rembang. 

Di pesantren Al Anwar, Gus Baha terlihat begitu menonjol, Gus baha sangat cepat menguasai ilmu-ilmu keislaman seperti fiqih, hadits, dan tafsir. Bahkan selama belajar di Al Anwar, Gus Baha mampu menghafal Shohih Muslim dengan Matan, Rawi dan Sanadnya. Gus Baha juga menyelesaikan hafalan Fathul Mu'in dan buku tata bahasa Arab seperti Imrith dan Alfiah Ibnu Malik. 

BACA JUGA:Kiriman Santet dan Ilmu Hitam Dijamin Minggat dengan Surah Ini! Gus Baha: Bisa Diamalkan Setiap Hari

Tak hanya dikenal dengan ilmunya yang luar biasa, Gus Baha juga merupakan santri yang dekat dengan Kyai nya. Gus Baha sering didampingi gurunya Mbah Maimun dalam berbagai kesempatan. Dari obrolan santai hingga mencari tabir hingga menerima tamu dari para ulama besar yang berkunjung ke Al Anwar. 

Kedekatan Gus baha dengan Mbah Maimun membuatnya disebut sebagai murid kesayangan. Suatu ketika Gus Baha dipanggil untuk menyelesaikan sebuah tabir dari masalah yang sedang dihadapi oleh Mbah Maimun. 

Pada saat itulah keahlian Kharomah Gus Baha mengemuka. Karena begitu cepatnya, tabir masalah itu ditemukan tanpa terlebih dahulu membuka referensi kitab yang dimaksud. Membuat  Mbah Maimun terharu dan berkata: “Hah? Kamu memang benar-benar pintar!"*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: