Pelajaran dari Kisah Tya, Krim Merkuri Memang Glowing Diawal Lalu Bikin Gosong

Pelajaran dari Kisah Tya, Krim Merkuri Memang Glowing Diawal Lalu Bikin Gosong

Bertahun-Tahun Pakai Skincare Mengandung Merkuri. Wajah Glowing Wanita Kalimantan Ini "Menggosong"--

RADARUTARA.ID - Seorang wanita cantik berusia 30 tahun bernama Tya dari Kalimantan Timur tiba-tiba membuat heboh warga di Internet baru-baru ini. Ia menjadi viral saat berbagi cerita bagaimana wajahnya tiba-tiba menghitam seperti terbakar akibat penggunaan krim pemutih wajah yang mengandung merkuri. 

Wajah Tya yang menggosong seperti terbakar akibat krim pemutih abal-abal ini tidak bisa disembuhkan begitu saja. Tya harus berjuang mengembalikan kulit wajahnya supaya kembali normal seperti biasa. Saat ini Tya sedang mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokternya. 

Tya juga berpesan kepada semuanya khususnya kaum perempuan yang menginginkan wajah Glowing untuk selalu berhati-hati dengan produk perawatan kulit yang mereka gunakan. Sebaiknya gunakan produk berdasarkan yang diresepkan oleh dokter atau disetujui oleh BPOM RI.

Dokter spesialis kulit dari DNI Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK, SubspOBK, FINSDV, FAADV mengungkapkan ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab warna kulit menjadi gelap setelah menggunakan krim wajah yang mengandung merkuri.

BACA JUGA:Fakta Wanita Cantik Asal Kalimantan yang Wajahnya Gosong Akibat Krim Merkuri, Mulanya Wajahnya Sangat Glowing

Bila warna kulit sudah sangat hitam atau bahkan kebiruan, kemungkinan pertama adalah ochronosis. Kemudian yang lain juga bisa disebut pasca-inflamasi. 

Post inflammatory hyperpigmentation yaitu kehitaman pasca terjadinya iritasi, biasa terjadi pada orang yang mengalami iritasi karena penggunaan krim mengandung merkuri yang menyebabkan iritasi saat terkena sinar matahari selama pemulihan, yang bisa membuat kulit menjadi gelap.

Selanjutnya dokter darma juga menjelaskan, bahwa merkuri bukanlah sesuatu yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Penggunaan merkuri dalam skincare kecantikan jelas termasuk penyalahgunaan.

"Merkuri itu logam berat yang berbahaya untuk ke tubuh kita. Dia punya efek menghambat tirosinase yang membuat kulit menjadi gelap, sehingga kulit jadi putih. Itu cara kerja merkuri yang bisa membuat orang kulitnya putih sehingga senang memakainya," ucap dokter darma.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: