Dicat Ulang, Ini Bahan Cat Pesawat Kepresidenan Beserta Spesifikasinya

Dicat Ulang, Ini Bahan Cat Pesawat Kepresidenan Beserta Spesifikasinya

Dicat Ulang, Ini Bahan Cat Pesawat Kepresidenan Beserta Spesifikasinya--

RADARUTARA.ID- Kedatangan Presiden Jokowi ke Provinsi Bengkulu, guna melaksanakan agenda kunjungan kerja dan sekaligus meninjau beberapa pembangunan infrastruktur di Bengkulu.

Agenda Presiden sendiri dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari kedepan dan akan mengunjungi beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Kedatangan sang presiden sendiri menggunakan pesawat Kepresidenan yang bewarna merah dan putih seperti bendera bangsa ini yakni merah putih. 

Tapi tahukah kamu jika sebelumnya warna pesawat Kepresidenan jenis A-001 Boeing 737-800 (BBJ2) bukanlah merah dan putih, melainkan putih biru.

BACA JUGA:Romantis, Tiba di Bengkulu Jokowi Gandeng Iriana Turuni Tangga Pesawat

Warna cat pesawat Kepresidenan berubah ditahun 2021 dan pengecatan dilaksanakan bersamaan dengan masa perawatan pesawat demi efisiensi.  

Selain perubahan warna cat, ternyata pesawat Kepresidenan juga memiki spesifikasi yang tak kalah mumpuni dan terbilang cukup canggih.

Karena kecanggihannya, pesawat Kepresidenan mampu terbang secara terus menerus dari New York ke London, Dubai atau London ke Rio de Janeiro, bahkan Johannesburg, Singapura maupun Tokyo.

Kapasitas bahan bakar dari pesawat BBJ2 mencapai 39.539 liter. Dengan dua mesin berjenis turbofan CFM57-7 dan kecepatan jelajah maksimum mencapai 0.785 Mach atau sama dengan 969,3 kilometer perjam. Pesawat ini memiliki panjang 39.5 meter, rentang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 13,5 meter.

BACA JUGA:Jumat, Presiden Jokowi Dipastikan Tinjau Jalan Rusak di Kerkap - Giri Mulya

Terdapat kamar tidur di Kabin depan, toilet, ruang konferensi, ruang makan, ruang tamu dan ruang istirahat kru. Sementara untuk kabin belakang terdapat 12 kursi eksekutif, serta 44 kursi staf yang dilengkapi dengan penyanggah kaki yang berfungsi untuk tempat tidur. Serta ada ruang rapat, ruang olahraga dan toilet.

Selanjutnya dibagian kokpit terdapat temlat duduk untuk dua awak, enam monitor penerbangan, dual GPS build-in, TCAS, CGPWS dan sistem panduan penerbangan.

Layaknya pesawat kepresidenan lainnya, pesawat ini juga dilengkapi dengan perangkat anti serangan rudal dan sensor panas. 

Demikian bahasan mengenai spesifikasi pesawat Kepresidenan RI dan semoga kunjungan kerja presiden Jokowi ke Bengkulu bisa memberikan perubahan dan perbaikan infrastruktur di daerah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: