Ini Deretan Keris Sakti yang Diburu Para Kolektor, Harganya Selangit!

Ini Deretan Keris Sakti yang Diburu Para Kolektor, Harganya Selangit!

Ini Deretan Keris Sakti yang Diburu Para Kolektor, Harganya Selangit!--

RADARUTARA.ID - Keris merupakan salah satu senjata pada zaman kerajaan di Pulau Jawa. Konon katanya, Keris mengandung unsur magic. Untuk bisa membuat Keris yang sakti, butuh proses yang panjang.

Empu wajib menjalani ritual terlbih dahulu, bersemedi di sebuah tempat, dilarang makan dan minum, hingga tidak boleh tidur. Hal tersebut dilakukan selama 40 hari. Apabila sudah melakukan itu, bisa dipastikan keris tersebut mempunyai kesaktian.

Pada zaman kerajaan Singosari, Ken Arok sangat populer menggunakan senjata kerisnya. Tak hanya itu, Ken Arok tega membunuh Empu Gandring yang telah membuatkan kerisnya.

Lalu di zaman kerajaan Mataram Yogyakarta, Pangeran Diponegoro juga populer dengan senjata kerisnya. Waktu itu, tentara Belanda kerap takut menghadapi Diponegoro, lantaran memiliki keris sakti.

BACA JUGA:Viral : Korban Janji Glowing Krim Pemutih, Wajah Wanita Cantik Asal Kalimantan Ini Berubah Jadi Gosong

Belakangan ini, bisnis keris naik daun kembali. Para kolektor rela mengeluarkan banyak uang hanya demi mendapatkan sebuah keris yang diyakini sakti. Harga keris pun bervariasi. Mulai dari puluhan juta, sampai ratusan juta rupiah.

Jenis kerisnya pun juga bervatiatif, dan juga kegunaannya. Kenapa harganya bisa selangit? Hal ini lantaran cara pembuatannya yang membutuhkan waktu cukup lama. Bahkan, keris juga mempunyai khasiat yang ampuh.

Ada salah seorang kolektor keris, Sanusi, yang merupkan warga RT 04 RW 02 Dukuh Ketitang, Desa Ketanggungan, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal mengaku mempunyai cukup banyak koleksi keris. Keris miliknya selalu harum lantaran diberi parfum khusus.

“Keris ini tidak dibuat, melainkan datang sendiri ke rumah saya, karena saya sering melakukan ritual,” ucap Sanusi.

BACA JUGA:Engga Perlu Jin Khodam, Wanita dengan Ciri-ciri Ini Ternyata Pakai Ajian Ilmu Kuyang untuk Awet Muda

Dirinya mengaku mempunyai lebih dari 10 keris. Adapun nama-nama dari keris tersebut yakni:

1. Pancuran Emas yang memiliki khasiat sebagai kewibawaan. 

2. Keris Surahman Ganjur, berfungsi sebagai usaha dagang dan bisa pula untuk orang yang terbiasa melakukan dakwah serta pidato.

3. Keris Cempaka Bungkem fungsinya untuk membungkam lawan atau musuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: