Jangan Lewatkan Berkah Malam 1 Suro, Ini 15 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Sesuai dengan Sunnah Nabi

 Jangan Lewatkan Berkah Malam 1 Suro, Ini 15 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Sesuai dengan Sunnah Nabi

Jangan Lewatkan Berkah Malam 1 Suro. Ini 15 Amalan Yang Bisa Kamu Lakukan Sesuai Dengan Sunnah Nabi.--

RADARUTARA.ID - Malam satu suro merupakan, malam pergantian tahun pada kalender Jawa. Kalender Jawa pertama kali diperkenalkan oleh raja Mataram Sultan agung hanyokrokusumo yang mengacu pada penanggalan Hijriyah (Islam).

Dalam Islam dikenal dengan bulan Muharram, bulan Muharram memiliki banyak sekali keutamaan bagi umat Islam, Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk melaksanakan amalan-amalan, sebab pada bulan itu merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Amalan pada bulan Muharram ini bisa kita lakukan secara sendiri, ataupun secara bersama dengan keluarga. Keutamaan bulan Muharram adalah untuk menyempurnakan ibadah sebagai seorang muslim. Syekh Abdul Hamid menuangkan 12 amalan bulan Muharram sesuai sunnah ke dalam sebuah nadham.

 فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

Artinya: "Ada sepuluh amalan di dalam bulan Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, sholatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit, dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surah Al-Ikhlas 1.000 kali."

BACA JUGA:Siap-Siap, 8 Weton Ini Bakal Banjir Rezeki dan Kaya Raya karena Berkah Malam 1 Suro, Apakah Kamu Termasuk?

1. Menunaikan Sholat 

Mengerjakan solat baik yang wajib maupun yang Sunnah lebih di tingkatkan lagi demi kesempurnaan agama Kita.

 

2. Puasa muharram

Puasa muharram puasa muharram merupakan puasa yang banyak dilakukan oleh umat Setelah puasa Ramadan, puasa ini juga lebih utama daripada bulan sya'ban yang juga telah dijelaskan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Dalam melaksanakan puasa muharram tidak ada patokan khusus untuk melaksanakan berapa hari puasa tersebut. Akan tetapi ada hari-hari utama untuk berpuasa di bulan Muharram yaitu: puasa Tasua pada 9 hari pertama atau 9 Muharram, puasa Asyura pada 10 hari pertama atau 10 Muharram, dan puasa Ayyamul Bidh pada 13-15 hari pertama atau 13-15 Muharram. 

 

3. Silaturahmi 

Rasulullah juga mengajarkan tentang amalan sunnah, untuk senantiasa menjaga silaturahmi dan menjaga hubungan baik antara sesama. Terutama dengan keluarga dan sanak saudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: