Tahun Ini PNS di Ketahun Bakal Ramai-ramai Jadi Kepala Desa, ini Penyebabnya

Tahun Ini PNS di Ketahun Bakal Ramai-ramai Jadi Kepala Desa, ini Penyebabnya

Ilustrasi PNS--

RADARUTARA.ID- Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara bakal ramai-ramai menjadi kepala desa (Kades). Ini, disebabkan karena hampir separo desa di wilayah Kecamatan Ketahun mengalami masa transisi pergantian Kades dan belum dapat melaksanakan Pilkades hingga tahun 2025 mendatang.

Oleh sebab, itu bagi desa-desa di Kecamatan Ketahun yang masa jabatan Kadesnya akan berakhir di tahun 2023, ini akan digantikan atau dilanjutkan sementara waktu oleh Pj Kades dari golongan PNS. 

Kepada radarutara.id, Camat Ketahun, Nasri, S.Pd, mengakui. Bahwa hampir separo desa di wilayah kerjanya mengalami masa transisi kepemimpinan. Bahkan untuk di tahun 2023, ini saja kata Camat, akan ada dua desa yang masa jabatan Kades definitif-nya akan berakhir.

Dan desa-desa yang masa jabatan Kades depinitif-nya akan berakhir, ini akan dilanjutkan sementara waktu oleh Pj Kades dari golongan PNS.

"Desa Melati Harjo sudah lebih awal dipimpin Pj Kades PNS. Baru-baru, ini ada Desa Lubuk Mindai yang menyusul, karena Kades depinitif-nya mengundurkan diri. Dilanjut pada bulan Desember 2023, ini akan disusul Desa Talang Baru dan Desa Bukit Tinggi yang akan berakhir masa jabatan Kadesnya. Dan di tahun 2024 nanti, akan menyusul Desa Urai. Sementara Pilkades baru akan dijadwalkan di tahun 2025. Otomatis desa-desa yang masa jabatan Kades-nya berakhir ini akan kita gantikan dengan Pj Kades dari PNS," ungkap Camat.

BACA JUGA:Kesempatan Terbatas, Dinkes Bengkulu Utara Buka Loker Untuk 20 Orang Saja

BACA JUGA:Buruan ke Samsat!! Masa Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Segera Berakhir, Ini Batas Waktunya

Di sisi lain, Camat, menjamin. Masa transisi jabatan Kades di wilayah kerjanya ini tidak akan menganggu keberadaan atau kinerja PNS di lingkungan Kantor Camat. Karena menurut Camat, penugasan Pj Kades PNS kepada desa-desa yang mengalami masa transisi kepemimpinan, ini akan mengutamakan PNS dari lingkungan desa setempat.

"Insya Allah tidak akan menganggu pegawai kita di kantor Camat. Karena dalam penugasan Pj Kades nanti kita utamakan PNS yang berasal dari desa setempat. Bisa dari PNS guru, PNS kesehatan dan PNS dari instansi lainnya. Dan mulai hari, ini kita sudah komunikasikan rencana penugasan Pj Kades PNS ini dengan desa-desa yang bersangkutan. Sehingga ketika tiba waktunya nanti, sosok Pj Kades PNS yang akan ditugaskan sudah siap kita usulkan," pungkas Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: