Miliki Jamban Sehat, Bupati Bengkulu Utara Serahkan Sertifikat ODF

Miliki Jamban Sehat, Bupati Bengkulu Utara Serahkan Sertifikat ODF

Miliki Jamban Sehat, Bupati Bengkulu Utara Serahkan Sertifikat ODF--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID- Di momen Roadshow Senam Sehat yang dipusatkan di Desa Wono Harjo Kecamatan Giri Mulya, Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Syamsul Maarif menyerahkan sertifikat Open Defecation Free (ODF) atau program Stop Buang Air Besar Sembarangan kepada desa Tanjung Anom. Jumat (7/7/2023).

Desa yang mendapat sertifikat ODF) sebagai desa yang masyarakatnya sudah mulai hidup sehat, karena sudah memiliki toilet sehat ditempat tinggal yaitu Desa Tanjung Anom.

Dengan dinyatakan ODF di Desa Tanjung Anom, menambahkan deretan desa di Kecamatan Giri Mulya yang sudah ODF, Sedangkan dua desa lainnya yaitu Desa Suka Mulya dan Rena Jaya saat ini sedang menuju ODF.

"Tujuannya pemberian sertifikat ODF untuk mengajak masyarakat terbiasa Hidup Bersih dan Sehat salah satunya tidak BAB sembarangan. Serta untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan, kata Bupati Bupati Mian usai penyerahan sertifikat.

BACA JUGA:Ini Lirik Lagu Kudu Nangis yang Dirilis Happy Asmara di Hari Pernikahan Denny Caknan

BACA JUGA:UKK di Ketahun Resmi Beroperasi, Bupati: Pembuatan Paspor dan Urusan Tenaga Kerja Asing tak Perlu ke Bengkulu

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan l, Syamsul Maarif menambahkan, program ini mendukung strategi nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

Diharapkan apa yang dikerjakan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dimasing-masing Kecamatan dapat menurunkan timbulnya penyakit berbasis lingkungan seperti diare, ISPA, leptospirosis, stunting, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan sanitasi.

"Diharapkan seluruh desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara mendapat sertifikat ODF secepatnya. Sehingga kesehatan masyarakat meningkat dan Bengkulu Utara menjadi daerah yang sehat," tegasnya.

BACA JUGA:13 Kepala Sekolah SD dan SMP di Bengkulu Utara Dimutasi, Ini Daftarnya

Untuk mewujudkan itu semua, Kadis bersama Kepala PKM Air Bintunan, Purwanto SKM berharap kepada masyarakat di Kecamatan Giri Mulya, dukungan dari semua lintas sektor, terutama Pemerintah Desa.

Diantaranya memperhatikan kondisi warganya yang belum memiliki jamban, agar bisa didorong warganya untuk memiliki jamban.

"Tujuan tidak lain, ini untuk kesehatan dilingkungan keluarga kita, mari kita dukung program ini," tambahnya.

Dinas Kesehatan Bengkulu Utara bersama tim medis tidak hanya menyerahkan Sertifikat ODF, dilokasi juga pihaknya mengajak lansia untuk berperilaku hidup sehat dengan Senam dan membuka pelayanan kesehatan secara gratis kepada peserta senam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: