Mitos Kawin Lusan, Larangan Anak Pertama Menikah dengan Anak Ke 3, Petaka Terjadi Bila Dilanggar

Mitos Kawin Lusan, Larangan Anak Pertama Menikah dengan Anak Ke 3, Petaka Terjadi Bila Dilanggar

Mitos Kawin Lusan, Larangan Anak Pertama Menikah Dengan Anak Ke 3. Petaka Terjadi Bila Dilanggar.--

RADARUTARA.ID - Ditengah kemajuan zaman tidak membuat tradisi dan tahayul serta merta padam begitu saja. Apalagi dengan keragaman suku dan adat istiadat di Indonesia, semakin banyak pula mitos yang di yakini oleh masyarakat. Salah satunya masyarakat Jawa. 

Dalam tradisi Jawa masih banyak terdapat mitos-mitos yang berkembang di masyarakat, salah satunya yang akan kita bahas berikut ini yaitu pernikahan lusan. Istilah lusan itu sendiri terdiri dari dua kata yaitu telu dan lusan. Telu yang berarti anak ketiga dan lusan yang berarti anak pertama.

Mitos ini dipercaya bahwasanya anak pertama dilarang menikah dengan anak ketiga. sebab apabila masih diselenggarakan ditakutkan akan mengalami keretakan rumah tangga di kemudian hari.

Mengapa bisa terjadi demikian.? Berikut ini akan kita bahas selengkapnya apa saja alasan penyebab dilarangnya pernikahan lusan.

BACA JUGA:Akan Ada Hal Buruk yang Datang Menghampiri, Jika Kamu Alami 10 Mimpi Ini

BACA JUGA:Mimpi SBY, Dibelikan Karcis Kereta Api Gajayana oleh Presiden RI ke-8

1. Kematian pasangan atau pihak keluarga

Menurut mitos lusan pernikahan antara anak pertama dan anak ketiga ini akan melahirkan sebuah kematian, baik dari segi pasangan ataupun dari pihak keluarga.

Maka daripada itu banyak masyarakat Jawa yang menghindari pernikahan lusan ini sebab tidak menginginkan hal-hal buruk akan menimpa keluarga mereka ataupun pasangan mereka.

 

2. Kesulitan Mencari Nafkah

Dalam pernikahan anak pertama dan anak ketiga masyarakat percaya bahwasanya pernikahan tersebut tidak akan melahirkan keharmonisan.

Sebab mereka dipercaya akan kesulitan dalam kehidupan ekonomi, meskipun mereka berusaha mencoba keberuntungan dengan membuka usaha, namun pada akhirnya mereka akan menemukan kebangkrutan.

Apalagi ekonomi ini merupakan salah satu penyebab dari banyaknya perceraian yang terjadi di tengah masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: