Ribuan Keping Blanko KTP Tiba di Disdukcapil Bengkulu Utara

Ribuan Keping Blanko KTP Tiba di Disdukcapil Bengkulu Utara

Kadis Dukcapil BU saat memantau proses registrasi IKD--

RADARUTARA.ID- Jika sebelumnya jumlah blanko e-KTP yang dimiliki oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara hanya menyisakan 50 keping blanko saja, sementara daftar tunggu untuk cetak sudah mencapai hampir 1.000 KTP.

Namun, masyarakat jangan khawatir, pasalnya pihak Disdukcapil Bengkulu Utara telah menerima sebanyak 2.000 keping blanko dari pihak Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri.

Yang artinya dalam waktu dekat proses pencetakan e-KTP yang sudah selesai rekaman sudah bisa dilaksanakan.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara Berangkatkan 16 Peserta ke Acara Penas KTNA XVI di Padang

BACA JUGA:7 Bahan Alami Ini Bikin Tubuhmu Wangi, Dijamin Pasanganmu Makin Lengket

Hanya saja dikatakan Kepala Disdukcapil Bengkulu Utara, Suwanto, SH, walaupun sudah ada bantuan dari pihak Dirjen Dukcapil, namun dalam waktu dekat pengajuan untuk penambahan blanko kembali.

"Jumlah ini kemungkinan masih kurang, karena hampir setengahnya akan digunakan untuk pencetakan KTP yang sudah rekaman, sementara untuk pemilik KTP baru kemungkinan akan lebih dari itu," jelasnya. 

Bahkan dari data di bulan Januari hingga Mei 2023, jumlah KTP yang sudah tercetak mencapai 12.200 keping dan didominasi oleh perubahan status. Baik status perkawinan, perubahan agama, maupun perubahan lainnya. Dimana artinya perbulan, rata-rata untuk pencetakan e-KTP perbulannya mencapai 5.000 keping.

"Kita akan upayakan untuk menjemput blanko kembali dan untuk sementara blanko yang ada akan diutamakan untuk yang sudah melakukan perekaman terlebih dahulu," tutup Suwanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: